logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 12 Jul 2020 | 20:40

Dodge Durango 2021 Tambah Varian Hellcat Bertenaga 710 HP.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Brand-brand dibawah naungan Fiat Chrysler Automobile (FCA) mungkin hanya Fiat dan Jeep yang rajin merilis mobil baru ke pasaran. Ini dikarenakan cakupan kedua merk tersebut lebih luas dibandingkan merk lainnya. Tapi bukan berarti FCA melupakan anggota lainnya. Buktinya Dodge baru-baru ini memperkenalkan facelift untuk SUV besarnya, Durango. Ini merupakan penyegaran kedua yang dilakukan setelah sebelumnya pada tahun 2014 silam. Selain memperbarui tampilannya, kini pihak Dodge menambah varian baru yang sudah terkenal lebih dulu pada lineup mereka. Tak lain dan tak bukan varian baru tersebut adalah Hellcat. Ya, Durango 2021 mendapatkan tambahan tipe Hellcat yang berpeforma tinggi.

Sepertinya Dodge benar-benar sudah meninggalkan gril Crosshair khas mereka. Buktinya pada varian Durango reguler mereka gril radiator hadir dengan motif berlian berwarna hitam sehingga terlihat lebih sporty. Lampu utama didesain ulang dengan LED Daytime Running Lights ada pada bagian atas dan bawah. Bumper depan juga mendapatkan desain baru dan begitu juga dengan lampu kabut yang sekarang diletakkan secara horizontal dan berbentuk persegi panjang. Sedangkan untuk bagian belakangnya tidak mengalami perubahan apapun. Dan untuk bagian samping yang berubah hanyalah motif pelek saja.

Sementara itu untuk varian Hellcat, tim desainer Dodge melakukan beberapa ubahan agar SUV bongsor ini terlihat lebih garang dan tentu saja sporty. Pada bagian depannya, kap mesin hadir dengan 3 unit saluran udara untuk menjaga mesin tetap pada suhu yang tepat ketika bekerja. Motif gril juga diganti dengan bentuk sarang tawon. Emblem Dodge pada ujung sebelah kanan diganti dengan logo khas Hellcat yang berupa kucing neraka lengkap dengan tulisan SRT. Lampu kabut pada varian ini ditanggalkan dan diganti dengan saluran udara yang bentuknya menyerupai sebuah boomerang. Pelek yang digunakan pada Durango Hellcat juga lebih besar, yakni 20 inci dengan desain yang lebih sporty. Dan untuk bagian belakangnya terdapat spoiler pada atap dan knalpot yang lebih sporty.

Kabinnya, pihak Dodge juga melakukan perombakan pada bagian ini. Desain dashboard-nya mengingatkan terlihat mirip dengan milik Dodge Challenger. Konsol tengah juga didesain ulang dan tuas transmisi juga mendapatkan bentuk baru. Pada kokpit tengah terdapat layar sentuh multimedia berukuran 8,4 inci (untuk tipe Hellcat mendapatkam ukuran 10,1 inci). Layar tersebut menampilkan sistem hiburan terbaru ala FCA, Uconnect 5. Setir juga mendapatkan sedikit sentuhan baru dimana pada varian Hellcat konsumen akan mendapatkan setir dengan bagian bawah yang datar khas mobil sport. Khusus untuk tipe Hellcat, konsumen akan mendapatkan jok dengan sistem penghangat dan ventilasi berlapiskan kulit Nappa dengan aksen suede dan terdapat logo khas Hellcat yang dibordir.

Untuk mengurangi laju mobil yang kencang, insinyur Dodge mempercayakan pada Brembo untuk sistem pengereman mobil. Pada bagian depannya Durango SRT Hellcat menggunakan rem dengan 6 piston kaliper dengan diameter piringan 401 mm. Sementara itu untuk bagian belakangnya mengandalkan 4 piston kaliper dengan diameter piringan 351 mm. 

Selain varian Hellcat semua Durango masih mendapatkan mesin yang sama. Ini berarti bahwa varian paling bawahnya masih menggunakan jeroan V6 berkapasitas 3.600 cc bertenaga 295 hp dan torsi 352 Nm. Lalu ada pilihan mesin HEMI V8 berkubikasi 5.700 cc menghasilkan tenaga 360 hp dan torsi 528 Nm. Terdapat varian SRT 392 yang memiliki dapur pacu HEMI V8 berkapasitas 6.400 cc menyemburkan tenaga 475 hp dan torsi 637 Nm. Durango SRT Hellcat datang dengan jantung mekanis V8 berkapasitas 6.200 cc dilengkapi dengan supercharged memuntahkan tenaga 710 hp dan torsi 874 Nm. Gearbox yang digunakan adalah otomatis 8-percepatan.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter