logo

bg-h4-whiteKolumnis


Senin, 29 Jun 2020 | 22:36

Cupra Ateca 2021 Hadir dengan Desain Baru tapi Mesin Tidak Berubah.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Beberapa waktu lalu SEAT memperkenalkan facelift dari SUV andalan mereka, Ateca. Dan tak perlu waktu lama untuk Cupra dalam memperkenalkan versi kencang dari SUV kompak tersebut. Sebuah hal yang tidak terlalu mengejutkan. Lalu apa saja yang berubah dari Cupra Ateca 2021 ini?

Dari sektor desain eksterior, Ateca versi kencang ini membawa beberapa elemen desain dari SEAT Ateca, seperti lampu utama yang berbentuk sama persis, dan gril radiator yang juga berbentuk segi enam. Tapi, tim desainer Cupra memberikan sentuhan berbeda pada gril dengan memberikan motif baru yang terinspirasi Cupra Formentor. Selain itu aksen krom pada gril digantikan dengan aksen hitam. Dibandingkan dengan Cupra Ateca lama, saluran udara pada versi tahun 2021 ini terlihat lebihg besar sehingga membuat SUV ini tampak lebih gahar. Untuk bagian belakangnya, pihak Cupra hanya menjiplak lampu belakang saja. Sisanya, seperti bumper belakang didesain ulang, lalu lampu reflektor atau lampu kabut belakang yang lebih kecil, dan kehadiran 4 unit knalpot buatan Akrapovic yang membuat Ateca 2021 tampak sangar.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/06/2021-Cupra-Ateca-1.jpg

Masuk ke bagian dalam, pihak Cupra mengganti panel instrumen menjadi full digital (disebut Digital Cockpit) yang tersaji dalam sebuah layar berukuran 10,25 inci. Sistem hiburan juga mengalami upgrade dimana kini mendapatkan interface HMI. Layar untuk sistem hiburan tersebut juga mengalami perubahan posisi sehingga lebih mudah dijangkau. Sistem keselamatan baru yang disematkan , antara lain Predictive Adaptive Cruise Control, Side and Exit Assist, Front Assist dengan Pre-Crash Braking, danTravel Assist.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/06/2021-Cupra-Ateca-3.jpg

Jantung mekanis yang dibawa oleh SUV kencang ini tidak mengalami ubahan sama sekali. Ini artinya masih mengandalkan unit yang sama, yakni bensin berkubikasi 2.000 cc 4 silinder TSI dilengkapi dengan turbocharged mampu menyemburkan tenaga 296 hp dan torsi 400 Nm. Gearbox yang digunakan adalah otomatis kopling ganda DSG 7-percepatan dengan sistem penggerak 4 roda. Walaupun mesinnya masih sama, tapi mobil ini mampu mencatat waktu lebih cepat untuk mencapai 100 km/jam dari keadaan diam, yakni 4,9 detik. Ini berarti 0,3 detik lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini bisa diperoleh berkat tuning ulang yang dilakukan pada sistem 4WD-nya.

Photos: Carscoops

 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter