logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 28 Jun 2020 | 00:01

Opel Mokka 2021. Hadirkan Bahasa Desain Baru dan Bertenaga Listrik.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah beberapa waktu lalu, merilis foto sketsa resmi dari Mokka generasi terbaru, kini Opel secara resmi memperkenalkan Mokka 2021. Small SUV ini dinobatkan sebagai mobil pertama dari Opel yang menggunakan listrik secara penuh sebagai tenaga penggeraknya. Selain itu mobil ini juga merupakan yang pertama menggunakan bahasa desain terbaru Opel.

Berbicara mengenai bahasa desain, mari kita bahas desain luar Opel Mokka baru ini. Pabrikan Jerman ini menyebut bahwa desain eksterior Mokka terbaru ini terinspirasi dari vizor pada helm full-face dan rencananya juga akan diaplikasikan pada lineup Opel lainnya. Semoga saja desainnya tidak seragam. Pada bagian moncong, Mokka baru ini memiliki lampu utama dengan bentuk yang kaku. Begitu juga dengan lampu LED Daytime Running Lights yang ditempatkan pada bagian atas lampu depan. 

Karena ini adalah mobil listrik maka tidak aka nada gril tardisional seperti pada mobil dengan mesin konvensional. Menariknya, kap mesin mobil ini hadir dengan warna yang berbeda dengan bagian lainnya. Untuk bagian belakangnya, tim desainer Opel memberikan bentuk lampu belakang yang mirip dengan lampu utama. Tapi untuk lampu belakang memiliki dimensi yang sedikit lebih besar. 

Opel Mokka 2021 juga menjadi lineup pertama dari brand Jerman tersebut yang menggunakan Pure Panel. Ini merupakan panel instrumen yang menggabungkan panel instrumen biasa dengan layar hiburan yang biasanya ‘berdiri’ sendiri di bagian kokpit tengah. Pada Pure Panel ini Opel memberikan layar full digital panel instrumen berukuran 12 inci di belakang roda kemudi dan layar multimedia berukuran 10 inci. Pihak pabrikan mempertahankan beberapa tombol pengoperasian yang penting agar pengemudi tetap bisa fokus pada jalan raya ketika mengemudi. 

Fitur Android Auto dan Apple CarPlay hadir sebagai kelengkapan standar. Lalu ada juga OpelConnect yang mempunyai fitur sistem navigasi real time. Mobil ini juga hadir dengan wireless charging untuk ponsel pintar.

Mobil yang di Inggris bermerk Vauxhall ini memiliki bobot lebih ringan 120 kg dibandingkan generasi sebelumnya. SUV kecil ini juga hadir dengan 30% lebih kaku. Dengan berat yang lebih ringan dan badan mobil yang lebih kaku membuat Mokka terbaru ini lebih hemat mahan bakar, lebih responsive, lebih gesit, dan lebih enak dikenadarai. 

Karena ini adalah mobil listrik, maka Opel membeirkan nama Mokka-e. Inisnyur Opel membenamkan sebuah motor listrik bertenaga 136 hp dan memiliki torsi 260 Nm. Bateraik yang digunakan memiliki kapasitas 50 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 322 km jika baterai dalam keadaan penuh dan jika dalam mode pengendaraan Normal. Untuk kecepatan maksimalnya adalah 150 km/jam. Pihak Opel mengatakan bahawa baterai Mokka bisa diisi ulang dengan waktu 30 menit sudah mencapai 80% tapi harus menggunakan colokan berkekuatan 100 kW.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter