logo

bg-h4-whiteKolumnis


Rabu, 25 Mar 2020 | 21:36

Alfa Romeo Giulia GTA & GTAm 2021. Lebih Ringan dan Lebih Bertenaga.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Untuk orang yang menggemari Alfa Romeo, sudah pasti tahu varian GTA yang merupakan kependekan dari Gran Turismo Alleggerita (Alleggerita berarti ringan dalam Bahasa Italia). Varian peforma tinggi tersebut sempat hadir pada beberapa lineup Alfa Romeo (AR), seperti 156 dan 147. Varian tersebut sempat absen pada model AR sekarang, seperti Giulietta, Giulia, dan Stelvio. Pabrikan mobil asal Italia ini hanya mengeluarkan Quadrifoglio sebagai tipe tertinggi dengan peforma yang lebih ganas. 

Tapi dalam rangka memperingati hari ulang tahun AR yang ke-110 tahun, mereka memutuskan untuk merilis sesuatu yang spesial pada salah satu lineup mereka. Dan akhirnya AR menggunakan kembali varian GTA untuk Giulia. Menariknya, tidak satu varian saja yang diperkenalkan, tapi dua sekaligus, yakni Giulia GTA dan Giulia GTAm. 

Mobil hardcore ini dikembangkan dengan basis Giulia Quadrifoglio. Tentu terdapat beberapa perubahan yang dilakukan oleh tim desainer AR dalam membuat Giula GTA ini. Dari bagian depan saja, terlihat saluran udara yang berdimensi lebih besar. Gril khas AR yang berupa segitiga terbalik didesain ulang dan hadir dengan motif baru. Sekarang di samping gril dan bumper terdapat saluran udara berukuran kecil. 

Rumah roda pada Giula GTA dan GTAm ini juga terlihat lebih menggembung membuat sedan empat pintu ini terlihat lebih berotot. Pelek masih menggunakan motif yang sama dengan versi Quadrifoglio tapi dilabur warna hitam dan kini berukuran 20 inci. Sedangkan untuk bagian belakangnya, terdapat spoiler belakang dengan ukuran besar, diffuser yang juga berdimensi besar, dan sepasang knalpot sporty titanium buatan Akrapovic yang ditempatkan di bagian tengah. Dan untuk varian GTAm mendapatkan sentuhan khusus berupa front splitter yang berukuran besar dan spoiler belakang yang terbuat dari carbon fiber.

Berbicara mengenai carbon fiber, beberapa material pada bagian eksterior mobil empat pintu ini terbuat dari bahan yang terkenal ringan tersebut, seperti kap mesin, atap mobil, bumper depan, dan fender. Dan terdapat sebuah komponen eksterior aktif, yakni front splitter yang merupakan buatan Sauber Engineering. 

Tidak ada yang berubah untuk desain interiornya. Pihak AR hanya mengubah bahan materialnya saja. Beberapa komponen interior dibalut oleh Alcantara, seperti dashboard, panel pintu, pilar, dan bagian tengah jok. Jika GTA masih mempunyai jok pada bagian belakangnya, maka tidak untuk GTAm. Ya, varian GTAm hanya memiliki sepasang jok pada bagian depan. Pada bagian belakangnya terdapat roll bar. Selain itu GTAm hadir dengan jok berbalut carbon fiber dan bagian belakang yang kosong semuanya dilapisi oleh Alcantara. Jendelanya juga hadir dengan model lexan khas mobil balap. Berkat penggunaan carbon fiber pada banyak komponen, membuat berat Giulia GTA lebih ringan 100 kg dibandingkan dengan Giulia Quadrifoglio.

Pihak AR melakukan perbaikan handling mobil dengan melebarkan bagian depan dan belakang sebanyak 50 mm. Suspensi juga turut di-upgrade dengan kehadiran per baru, peredam kejut baru, dan bushing baru. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter