logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 22 Mar 2020 | 21:30

Skoda Octavia vRS iV 2021. Sedan Sport Plug-in Hybrid Bertenaga 242 HP.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah beberapa waktu lalu memperkenalkan generasi terbaru Octavia, tak memerlukan waktu yang lama untuk Skoda memperkenalkan versi kencang dari mobil kompak andalannya tersebut. Tapi varian yang diperkenalkan pertama kali adalah yang bermesin plug-in hybrid. Ya, Skoda Octavia generasi terbaru ini tidak hanya mempunyai varian ‘hot’ yang bermesin konvensional saja (bensin dan diesel), tapi juga plug-in hybrid yang ramah lingkungan tapi juga tak kalah kencang.

Bernama lengkap Skoda Octavia vRS iV 2021, mobil ini hadir dengan varian sedan kompak dan wagon kompak dan untuk rival sepadan yang sama-sama menggunakan teknologi plug-in hybrid adalah tak lain dan tak bukan datang dari saudaranya sendiri, Cupra Leon PHEV dan Volkswagen Golf GTE. Tim desainer Skoda melakukan beberapa perubahan pada bagian eksterior mobil agar sesuai dengan tema mobil sport yang diusung. 

Pada bagian depan perubahan yang paling kentara adalah gril segi enam khas Skoda kini dilabur warna hitam dan terdapat emblem vRS di bagian ujung sebelah kanan bawah. Bumper depan juga turut didesain ulang sehingga terlihat lebih sporty dan berakibat pada berubahnya posisi lampu kabut meskipun masih diposisikan secara horizontal. Saluran udara pada bumper depan juga terlihat lebih besar. Pada bagian samping Octavia vRS iV ini mendapatkan pelek dengan motif sporty berukuran 18 inci dan terdapat pilihan tambahan berukuran 19 inci. 

Karena ini adalah kendaraan plug-in hybrid, maka pada fender depan sebelah kiri terdapat colokan untuk mengisi ulang baterai. Untuk bagian belakang perubahan yang terlihat adalah hadirnya spoiler belakang (pada versi estate, spoiler ada pada bagian atap), bumper belakang dengan desain baru dan terdapat saluran udara yang ditempatkan secara vertikal. Dan untuk menambah kesan sporty pada bagian ini pihak Skoda menggunakan sepasang knalpot sporty. Sayangnya, salah satu dari dua knalpo tersebut tidak berfungsi alias hanya pajangan saja. Tulisan vRS juga terlihat pada bagian depan bersanding dengan emblem iV untuk mempertegas bahwa ini adalah varian ramah lingkungan.

Bagian dalam Octavia yang sporty ini terdapat beberapa perubahan. Setir pada varian ini hadir dengan model palang tiga berbalut kult dengan bagian bawah mendatar dan dilengkapi dengan logo vRS. Dashboard pada varian kencang ini dilapisi oleh carbon fiber. Dan jok bagian depan hadir dengan desain ala mobil sport dan memiliki emblem vRS. Terdapat pilihan ekstra dimana konsumen bisa memesan jok tersebut dilapisi oleh trim Alcantara. 

Dari sisi teknikal pihak Skoda juga melakuka beberapa perbaikan agar peforma mobil ini semakin mantap. Insinyur Skoda menurunkan suspensi mobil ini sebanyak 15 mm. Roda kemudi juga mendapatkan profil yang unik dan lebih responsif. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter