logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 29 Feb 2020 | 19:26

Cupra Leon 2021 Hadir dengan Bentuk Hatchback dan Station Wagon.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Seperti yang kita ketahui, SEAT mendirikan merk khusus untuk mobil peforma tinggi mereka, Cupra. Brand ini diresmikan tahun lalu dan sudah menelurkan 1 model, yakni Ateca yang berjenis SUV. Dan menyambut tahun 2020, Cupra merilis lineup keduanya, Leon. Tentu ini adalah versi kencang dari SEAT Leon yang baru-baru ini diperkenalkan. Sama seperti saudara kembarnya, Cupra Leon 2021 ini hadir dengan bentuk hatchback 5 pintu dan station wagon.

Selain logo pada gril yang berbeda, terdapat perbedaan lain juga antara Cupra Leon dengan SEAT Leon. Perubahan yang paling terlihat adalah gril yang kini memiliki motif sarang tawon. Lampu kabut pada hot hatchback ini absen. Tapi desainer Cupra membuat saluran udara pada bumper depan berdimensi lebih besar. Untuk bagian samping yang terlihat berbeda hanyalah motif pelek. Pelek pada Cupra membuat mobil lima pintu ini terlihat lebih sporty dan memiliki warna two-tone. Sedangkan untuk bagian belakang justru terlihat berbeda dengan Leon biasa meskipun lampu belakang LED-nya masih melintang dari sisi kanan sampai kiri dan berbentuk segitiga. Tapi bumper belakang mobil ini memiliki saluran udara yang diposisikan vertikal. Seperti mobil spot lain, Leon versi kencang ini memiliki diffuser belakang dan 4 unit knalpot yang menariknya memiliki aksen perunggu.

Aksen perunggu juga bisa kita jumpai pada bagian interior Leon. Y aksen dengan warna tersebut bisa ditemui pada kisi-kisi AC dan roda kemudi palang tiga dengan bagian bawah yang datar. Pada jok yang ala mobil sport juga mendapatkan cetakan jahitan dengan warna yang sama sehingga terlihat kontras dengan warna kursinya. Fitur-fitur yang tersedia pada mobil kencang ini kurang lebih sama dengan Leon reguler, seperti panel instrumen digital berukuran 10,25 inci dan layar sentuh yang menampilkan fitur hiburan berukuran 10 inci. Menariknya, mobil ini sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

insinyur Cupra menyematkan beberapa fitur khusus untuk mobil sport ini, seperti suspensi khusus, rem buatan Brembo, sampai Adaptive Chassis Control System. Selain itu juga Cupra menawarkan 4 mode pengendaraan, seperti Comfort, Cupra, Sport, dan Individual. Untuk center of gravity-nya mencapai 20 mm sampai 25 mm lebih rendah dari SEAT Leon.

Untuk mesinnya, pihak Cupra hanya menawarkan 1 mesin bensin saja, yakni TSI berkapasitas 2.000 cc. Tapi konsumen ditawarkan tiga pilihan tenaga yang berbeda, yakni 242 hp dengan torsi 370 Nm, lalu ada 296 hp dengan torsi 400 Nm, dan yang terakhir adalah 306 hp dengan torsi 400 Nm. Transmisi yang digunakan adalah otomatis kopling ganda dan berpenggerak roda depan. Tapi untuk varian teratas yang berjenis station wagon memiliki penggerak semua roda. Menariknya, pihak pabrikan menawarkan pilihan mesin dengan teknologi plug-in hybrid. Untuk varian ini menggendong jeroan bensin TSI berkapasitas 1.400 cc dipadukan dengan sebuah motor listrik. Total tenaga yang disemburkan adalah 242 hp dan torsi 400 Nm. Baterai yang digunakan adalah lithium-ion berkekuatan 13 kWh. Menurut pihak Cupra, varian ramah lingkungan ini bisa menempuh perjalanan sejauh 60 km dengan mode elektrik. 

Photos: Carscoops

 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter