logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 23 Feb 2020 | 08:19

SEAT Leon 2021 adalah Saudara Kembar VW Golf yang Lebih Sporty.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Jika menurut Anda Volkswagen (VW) Golf generasi terbaru terlalu pasaran atau desainnya biasa saja, mungkin generasi terbaru SEAT Leon bisa menjadi mobil yang patut dipertimbangkan. Seperti generasi sebelumnya, Leon generasi keempat ini juga berbagi platform dengan Golf yang legendaris. Tapi seperti yang kita lihat, Leon baru ini memiliki desain eksterior yang lebih berani dan sporty.

Seperti lineup SEAT lainnya, Leon juga hadir dengan wajah yang dinamis dan sporty. Pada bagian depan terdapat lampu utama LED yang ditemani oleh LED Daytime Running Lights dengan bentuk segitiga. Gril trapesium dengan aksen krom memiliki dimensi yang tepat. Pada bagian saluran udara bagian depan desainer SEAT melaburkan warna yang kontras dengan warna body mobil. 

Beralih ke bagian belakang dimana terdapat lampu LED yang berbentuk segitiga. Mengikuti tren saat ini, hatchback ini juga memiliki lampu belakang yang menyatu disambungkan dengan sebuah garis tipis tepat di atas logo khas SEAT yang berupa huruf ‘S’. Sementara itu tulisan ‘LEON’ yang ditempatkan di bawah logo perusahaan hadir dengan gaya tulisan yang menarik, tidak kaku seperti mobil kebanyakan. 

Dan jika konsumen memilih Leon dengan mesin konvensional, maka akan mendapatkan sepasang knalpot sporty yang tampaknya palsu (semoga saja perkiraan saya salah). Untuk varian hatchback dan Station Wagon (SW) hadir dengan spoiler belakang pada atap. Untuk dimensi Leon Hatchback adalah 4.368 mm panjang, 1.800 mm lebar, 1.456 mm tinggi dan jarak sumbu rodanya adalah 2.686 mm.  

Sama dengan bagian eksterior, kabin Leon baru ini sama sekali tidak terlihat sama persis dengan Golf yang menjadi basis pengembangan. Layaknya Golf generasi terakhir, kini Leon 2021 juga hadir dengan panel instrument digital yang tersaji dalam layar berukuran 10,25 inci. Di sebelah kanan terdapat layar sentuh berukuran 8 inci (terdapat pilihan 10 inci) yang menampilkan berbagai macam fitur hiburan. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. 

Karena dimensinya yang membesar, tentu kapasitas bagasinya juga mengalami kenaikan. Untuk model SW yang bernama resmi Leon Sportstourer hadir dengan kapasitas bagasi 617 liter dalam keadaan standar. Sementara itu untuk model hatchnack yang lebih kompak memiliki kapasitas bagasi 380 liter dengan posisi kursi penumpang belakang tetap terpasang. 

Sistem asisten pengemudi juga dibenamkan oleh insinyur SEAT, seperti Adaptive Cruise Control, Dynamic Chassis Control, Emergency Assist 3.0, Travel Assist, dan Side & Exit Assist.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter