logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 09 Feb 2020 | 21:06

Cadillac Escalade 2021 untuk Pertama Kalinya Bermesin Diesel.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Sejarah diluncurkannya Cadillac Escalade adalah ketika Lincoln Navigator dirilis di pasar Amerika Utara pada tahun 1998. Membaca peluang yang besar pada segmen full-size luxury SUV, General Motors (GM) memerlukan SUV sejenis dengan Navigator secepatnya. Oleh karena itu, pihak GM memutuskan untuk melakukan re-badge varian paling mewah GMC Yukon, yakni GMC Yukon Denali. Hasilnya, antara Escalade dengan Yukon Denali saat itu hanya berbeda logo saja. Dan pada generasi kedua pihak Cadillac baru benar-benar mengembangkan Escalade sepenuhnya.

Dan sejak tahun 1998, Cadillac Escalade termasuk SUV bongsor yang laku di Amerika meskipun penjualannya sempat anjlok pada tahun 2009 sampai 2013. Escalade berubah dari hanya sebuah mobil re-badge menjadi kendaraan mewah untuk selebritis dan bos perusahaan. Dan baru-baru ini pihak Cadillac memperkenalkan generasi terbaru Escalade. Hal ini tidak mengejutkan mengingat akhir tahun 2019, Chevy memperkenalkan generasi terbaru Tahoe dan Suburban, lalu dilanjutkan GMC Yukon baru pada awal 2020. 

Desain eksterior Escalade 2021 ini mengikuti Bahasa desain Cadillac terbaru. Ya, berarti SUV besar ini memiliki lampu LED Daytime Running Lights yang ditempatkan secara vertikal dan berfungsi juga sebagai lampu sein. Sekilas Escalade baru ini terlihat mirip dengan Cadillac XT6 yang menghuni segmen mid-size luxury SUV. Tapi jika dilihat secara seksama, lampu utama Escalade ini terlihat lebih kecil ukurannya. Tapi gril radiator rival Lincoln Navigator ini justru berdimensi lebih besar disbanding XT6 dan dilabur aksen krom untuk menambah kesan mewah. Seperti generasi terdahulu, lampu belakang LED Escalade diposisikan vertikal dan memanjang dari atas sampai bawah. 

Masuk ke kabinnya, di belakang setir palang tiga yang berbalut kulit terdapat layar OLED berukuran 38 inci lebih. Pihak Cadillac mengklaim bahwa layar besar ini memiliki densitas dua kali lebih padat daripada TV 4K. Layar tersebut dibagi 3 bagian, yaitu layar pada kokpit tengah berukuran 16,9 inci yang menampilkan berbagai fitur hiburan dan fitur fungsional mobil, lalu panel instrument digital berukuran 14,2 inci, dan layar berisi informasi penting mobil khusus untuk pengemudi berukuran 7,2 inci dan ditempatkan di sebelah kiri setir. 

Sebagai mobil mewah tentu harus diaplikasikan berbagai fitur canggih. Escalade 2021 ini sudah hadir dengan sistem Augmented reality yang dikombinasikan dengan sistem navigasi. Nantinya sistem navigasi mobil akan menampilkan sebuah video live di panel instrument. Fitur canggih lainnya adalah Rear Camera Mirror dan Night Vision yang menggunakan infra merah untuk meningkatkan jarak pandang, penglihatan, dan mendeteksi keberadaan pejalan kaki dan binatang besar. Lalu ada Trailering Integration Package yang beguna ketika pengemudi ingin menarik beban dan sedang menarik beban. Ketiga fitur tersebut adalah opsional.

Berbicara mengenai opsional, fitur tambahan yang bukan kelengkapan standar adalah sistem hiburan untuk penumpang belakang yang terdiri dari sepasang layar berukuran 12,6 inci. Sistem hiburan ini bisa digunakan untuk bermain games, memutar lagu, dan video melalui input HDMI dan USB. Bahkan bisa dikoneksikan juga dengan ponsel Android. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter