logo

bg-h4-whiteKolumnis


Senin, 27 Jan 2020 | 22:50

Genesis GV80 2020 adalah SUV Pertama dari Merk Mewah Korea Ini.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah meluncurkan G70, G80, dan G90, kini merk mewah Hyundai, Genesis, bersiap untuk masuk ke segmen yang sedang disukai oleh masyarakat dunia, SUV. Tentu SUV yang diperkenalkan bukanlah SUV biasa, melainkan SUV mewah yang siap untuk menandingi para rivalnya yang sudah lama menghuni segmen SUV mewah. Diberi nama GV80, SUV pertama Genesis ini berbentuk mid-size SUV dan akan bersaing ketat dengan Audi Q7, BMW X5, sampai Mercedes GLE. 

Dibangun dengan basis GV80 Concept yang diperkenalkan tahun lalu, tidak banyak yang beruobah dari segi penampilan. Ya, tim desainer Genesis sepertinya ingin 'setia' pada versi konsepnya. Artinya, GV80 versi produksi mempunyai tampilan yang sangat mirip dengan versi konsepnya. Kita masih bisa melihat empat unit lampu utama yang diletakkan saling terpisah. Tapi pada versi produksinya ukuran lampu utamanya lebih besar. Gril yang ikonik dengan bentuk segitiga tetap dipertahankan. Tapi ukurannya diperkecil agar GV80 ini terlihat lebih manusiawi. 

Dari bagian samping, terdapat sepasang saluran udara yang diberikan aksen krom. Agar mobil terlihat berisi, pihak Genesis menambahkan guratan garis tegas yang memanjang dari kap mesin sampai pilar D. Mobil yang menggunakan ban berukruan 22 inci ini juga memiliki desain eksterior bagian belakang yang tetap 'setia' pada versi konsepnya. Lihat saja lampu belakangnya yang berjumlah empat unit tetap ditempatkan secara horizontal dan terpisah. Diantara lampu belakang LED tersebut terdapat tulisan 'GENESIS'. 

Desain bagian dalam mobil agak sedikit berbeda antara versi konsep dengan produksi. Untuk memperlihatkan kesan klasik digunakanlah roda kemudi palang dua. Di belakangnya terdapat panel instrumen digital. Pada bagian dashboard tengah terdapat layar sentuh berukuran 14,5 inci yang menampilkan berbagai fitur hiburan sampai fungsi mobil. Untuk mengakses menu-menu bisa menggunakan panel control pada konsol tengah dan hebatnya bisa mengenal tulisan biasa. 

Sebagai mobil mewah tentu kesenyapan kabin saat berkendara sangatlah penting. Oleh karena itu, insinyur Genesis membenamkan fitur Road-Noise Active Noise Control yang menjamin suara dari luar tidak akan masuk ke dalam kabin. untuk sistem keselamatan, GV80 sudah dilengkapi dengan 10 kantung udara, smart cruise control, front collision avoidance assistance, rear side collision avoidance assistance, highway assist system, driver attention warning, rear cross-traffic collision avoidance assist, dan parking collision avoidance assist.Salah satu fitur menarik yang dibenamkan adalah Electronically Controlled Suspension with Road Preview. Sistem ini bekerja dengan menggunakan kamera dan memindai permukaan jalan yang akan dilewati. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan suspensi mobil agar tetap nyaman selama berkendara.

Bagaimana dengan mesinnya? Untuk pasar Korea Selatan (korsel), GV80 ditawarkan dalam dua mesin bensin dan satu mesin diesel. Dapur pacu bensin yang ditawarkan adalah 2.500 cc 4 silinder dilengkapi dengan turbo ammpu menghasilkan tenaga 300 hp dan torsi 422 Nm. Pilihan kedua adalah V6 3.500 cc dilengkapi dengan turbocharged sehingga mampu meyemburkan tenaga 375 hp dan torsi 530 Nm. Sedangkan untuk jantung mekanis diesel menggunakan unit berkubikasi 3.000 cc 6 silinder segaris dilengkapi dengan turbo. Tenaga yang dimuntahkan adalah sebesar 274 hp dna torsi 589 Nm. Semua dapur pacu tersebut dipasangkan dengan gearbox otomatis 8-percepatan.

Photos: Carscoop


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter