logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 19 May 2019 | 22:00

el-Born Concept adalah Cikal Bakal Mobil Listrik dari SEAT.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah Volkswagen (VW) mengumumkan siap merilis mobil listrik secara massal, langsung diikuti oleh perusahaan lain yang berada di bawah naungan VW Group. Salah satunya adalah SEAT. Pabrikan mobil asal Spanyol ini tidak langsung menampilkan mobil listriknya dalam bentuk siap produksi, melainkan masih dalam tahap konsep. Bernama el-Born, mobil berjenis compact hatchback lima pintu ini dibangun di atas platform MEB yang juga digunakan untuk mengembangkan VW I.D.

Secara visual, kita masih bisa mengenal el-Born sebagai mobil buatan SEAT meskipun tidak menggunakan bahasa desain terkini. Desainer SEAT menampilkan lampu utama LED yang agresif dan memiliki garis-garis tajam. Sebagai ganti gril radiator konvensional, pihak pabrikan menghadirkan corak berbentuk wajik dengan efek tiga dimensi. Dari samping terdapat efek floating roof pada pilar C yang saat ini sedang menjadi tren. Kesan sporty terlihat pada bagian belakang dengan lampu belakang LED yang membentuk segitiga dan mengikuti tren saat ini, pihak SEAT membuat lampu belakang terlihat menyambung satu sama lain.

Untuk mengetahui apakah el-Born ini memang sudah siap masuk jalur produksi atau belum, masuklah ke kabinnya. Pada bagian ini kita bisa melihat desain interiornya tidak futuristik layaknya mobil konsep pada umumnya. Tombol pengoperasian pada setir dan pada sisi sebelah kiri panel instrumen mencerminkan bahwa el-Born sepertinya akan segera dijual untuk umum. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 10 inci yang bertugas menampilkan fitur-fitur hiburan.

Dan layaknya mobil masa kini, el-Born juga dilengkapi dengan sistem otonom level 2. Lalu juga ada Intelligent Park Assist dan berbagai macam sistem yang akan membantu pengemudi sepanjang perjalanan. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem thermal terbaru yang menggunakan pompa pemanas khusus sehingga mampu mengurangi konsumsi pemanas elektrikal.

el-Born dijejasli motor listrik yang memiliki total tenaga sebesar 201 hp. Hatchback ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7,5 detik. Menggunakan baterai 62 kWh, el-Born mampu menjelajah sejauh 420 km. Dan juga terdapat fitur fast charging sehingga saat pengisian ulang baterai bisa mencapai 80% hanya dalam waktu sekitar 47 menit.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter