logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 16 Mar 2019 | 20:15

Geely Xingyue 2020. Siap Melawan Changan CS85.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Sekali lagi produsen mobil premium asal Eropa telah menjadi trendsetter untuk mobil berjenis SUV-Coupe. Setelah Audi, BMW, dan Mercedes meluncurkan SUV-Coupe mereka ke pasaran dunia, beberapa pabrikan mobil lainnya lantas mengikuti. Ya, ini adalah hal yang positif. Apalagi Audi Q8, BMW X4 dan X6, serta Mercedes GLE Coupe bukanlah mobil yang bisa dijangkau oleh banyak kalangan terkait harganya yang 'mewah'. Fiat dan Renault melihat peluang tersebut untuk mengembangkan SUV-Coupe dengan harga lebh terjangkau meskipun saat ini status kedua mobil dari pabrikan Italia dan Prancis tersebut masih berupa konsep dan akan diproduksi massal dalam waktu dekat. Dan produsen mobil asal Cina selangkah lebih maju karena sudah menjual SUV-Coupe tersebut secara massal meskipun baru untuk konsumsi pasar domestik. Changan adalah pabrikan pertama yang menjual SUV-Coupe dengan nama CS85. Dan tahun ini diikuti oleh Geely Motors yang baru saja memperkenalkan Xingyue.

Nama Xingyue sendiri diambil dari sebuah asteroid yang melintas diantara planet Mars dan Jupiter. Menariknya, asteroid tersebut ditemukan oleh salah satu kosmonot Geely. Keren. Lalu selain harganya yang akan lebih murah dari trio Jerman, apa yang membuat Geely Xingyue ini menarik?

Mobil ini dibangun di atas platform Compact Modular Architecture (CMA) yang juga digunakan oleh Volvo. Layaknya mobil Geely terbaru lainnya, Xingyue juga hadir dengan gril kosmos dan terdapat aksen warna merah soleh untuk menegaskan kesan sporty pada SUV-Coupe ini. Lampu utamanya berbentuk lonjong dengan LED Daytime Running Lights tipis yang terlihat seperti menggantung di bagian atas. Dari samping kita bisa melihat bahwa Xingyue hadir dengan garis desain yang menyerupai sebuah coupe dengan pilar C yang landai. Sementara hadirnya bagasi yang menyerupai sedan mengingatkan saya pada Mercedes GLE Coupe atau Renault Arkan Concept. Kesan sporty sangat kental terlihat pada bagian belakang dengan hadirnya empat unit knalpot. Lampu belakang LED nya terlihat keren. Logo Geely yang biasa berwarna biru dan emas, pada Xingyue ini hadir dengan warna hitam untuk menunjukkan sisi lain dari kendaraan buatan Geely. Dan menurut Geely, logo tersebut akan digunakan untuk mobil-mobil mereka yang bertema sport.

Masuk ke bagian kabinnya, SUV-Coupe ini memiliki desain bagian dalam yang menarik. Panel instrumennya sudah menganut model digital layaknya mobil-mobil masa kini. Dan untuk memperkuat kesan sporty, desainer Geely menghadirkan setir palang tiga yang bagian bawahnya datar dan sudah dilengkapi dengan tombol-tombol pengoperasian. Pada kokpit tengah terdapat layar yang akan menampilkan berbagai fitur hiburan. Tombol-tombol dan tuas transmisi pada kokpit tengah terinspirasi dari kokpit pesawat.

Mobil yang memiliki kode FY11 ini menggendong mesin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc dilengkapi dengan turbo dan menghasilkan tenaga 235 hp. Dengan adanya Geely Xingyueng ini akan menjadi ancaman serius Changan CS85 yang selama ini melenggan sendirian di segmen SUV-Coupe.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Rilis
Rilis
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter