logo

bg-h4-whiteKolumnis


Jumat, 09 Feb 2018 | 11:00

Kia Perkenalkan Generasi Terbaru Forte

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Segmen sedan kompak di negeri Paman Sam dikuasai oleh produsen-produsen mobil mapan, seperti Honda Civic dan Toyota Corolla. Tapi itu tidak membuat produsen mobil asal Korea Selatan (Korsel), Kia tidak percaya diri. Baru-baru ini mereka baru saja memperkenalkan generasi ketiga Forte. Kia Forte cukup sukses dalam hal penjualan di Amerika Serikat (AS).

Generasi terbaru Forte ini hadir dengan desain yang lebih segar dan teknologi terkini untuk menghadapi para kompetitornya yang sudah melegenda. Desain eksteriornya menganut kap mesin yang panjang dan garis bagian belakang yang pendek. Bagian depannya terlihat sporty dengan lampu utama lonjong dan ciri khas mobil Kia, yakni gril Tiger Nose. Dan untuk bagian belakangnya, terdapat lampu LED yang diletakkan horizontal. Untuk urusan dimensi, Forte baru ini memiliki badan yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk panjangnya, sedan ini melar sebesar 81 mm menjadi 4.640 mm, untuk lebarnya adalah sebesar 1.798 mm, dan tinggi 1.440 mm. Pihak Kia juga mengumumkan bahwa kapasitas bagasi dan ruang kaki juga mengalami peningkatan.

Untuk bagian dalamnya sedan empat pintu ini memiliki desain yang simpel dan minimalis. Tampaknya desainer Kia menghindari hadirnya banyak tombol-tombol pengoperasian. Sebagai gantinya terdapat layar sentuh berukuran 8 inci yang berfungsi untuk menampilkan sistem infotainment. Menariknya mobil ini hadir dengan sistem yang kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay sehingga bagi pengguna ponsel Android dan iPhone bisa menghubungkannya melalui Bluetooth. Koneksi Bluetooth juga bisa berfungsi untuk membaca SMS yang masuk ke ponsel Anda.

Fitur menarik yang disematkan adalah speaker berkekuatan 320 watt buatan Harmann Kardon. Tentu ini merupakan fitur yang tidak ditawarkan oleh para rivalnya di segmen sedan kompak. Sistem keselamatan yang dibenamkan adalah Blind Spot Collision Warning, Lane Keep Assist, Forward Collision Aviodance, Smart Cruise Control, dan masih banyak lagi.

Jantung mekanis yang digunakanb oleh Forte terbaru ini adalah unit berkapasitas 2.000 cc 4 silinder menggunakan Atkinson Cycle untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Tenaga yang dikeluarkan adalah sebesar 147 hp dan konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 15 km/liter. Untuk transmisinya ada pilihan manual 6-percepatan atau otomatis dengan nama Intelligent Variable Transmission (IVT).

 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Rilis
Rilis
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Holiday Driving Experience
Holiday D

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter