logo

bg-h4-whiteKolumnis


Rabu, 12 Aug 2020 | 22:39

Kia Sonet 2021 Menjadi SUV Terkecil dari Pabrikan Korea.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah memperkenalkan versi konsepnya pada ajang New Delhi Auto Expo 2020 pada bulan Februari lalu, tak perlu waktu lama untuk Kia memperkenalkan versi produksi dari Sonet. Ya, mobil yang masuk ke segmen mini SUV sudah hadir dengan versi produksi massal. Meskipun diperkenalkan di India, tapi pihak Kia mengatakan bahwa Sonet akan menjadi produk global (tapi saya yakin mobil ini dikhususkan untuk negara berkembang). Lalu apa yang membedakan versi konsep dengan produksi?

Perubahan yang terjadi tidak begitu banyak tapi Anda tidak perlu melihatnya dengan teliti untuk mengetahuinya. Pada bagian depan, tim desainer Kia mempertahankan desain lampu utama dan LED Daytime Running Lights pada bagian atas. Gril Tiger Nose juga tidak mengalami ubahan apapun. Tapi pada bagian ini terdapat aksen silver yang lebih tegas. Saluran udara kini ditemani oleh lampu kabut LED yang berbentuk persegi dan berukuran kecil. Aksen silver yang lebih jelas berpadu dengan kelir merah di bagian bumper depan bagian bawah juga hadir pada versi produksinya.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/08/2021-Kia-Sonet-India-spec-5.jpg

Handle pintu mendapatkan ubahan kini hadir dengan model konvensional, begitu juga dengan kaca spionnya. Aksen warna merah pada bagian bawah pintu juga hadir pada versi produksi (kemungkinan akan disesuaikan warnanya dengan warna badan mobil). Pilar C Sonet memiliki motif garis-garis horizontal yang unik. Dan untuk bagian belakangnya lampu mengalami ubahan yang cukup signifikan meskipun mempertahankan bentuknya.

Masuk ke dalam kabinnya, kesan pertama yang terlihat adalah interior SUV kecil ini adalah moden. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 10,25 inci yang akan menampilkan berbagai macam fitur hiburan. Kesan modern juga coba ditunjukkan melalui panel instrumen digital yang berukuan 4 inci. Bahkan roda kemudi yang memiliki desain palang tiga juga memiliki beberapa tombol pengoperasian. Fitur-fitur yang dibenamkan juga cukup komplit bahkan ada beberapa fitur yang hanya ada pada Kia Sonet, seperti sistem navigasi real time, Smart Pure Purifier dengan proteksi khusus yang dapat membunuh virus, sistem audio buatan Bose lengkap dengan sub-woofer, jok bagian depan yang dilengkapi dengan saluran udara, sampai hadirnya LED Sound Mood Lightning yang menyala dengan cahaya sesuai keinginan kita.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/08/2021-Kia-Sonet-India-spec-3.jpg

Untuk mesinnya, terdapat tiga pilihan yang terdiri dari 2 bensin dan 1 diesel. Mesin bensinnya terdiri dari Smartstream berkapasitas 1.200 cc 4 silinder tanpa turbo, dan T-GDi 3 silinder berkubikasi 1.000 cc dilengkapi dengan turbocharged. Dan diesel-nya mengandalkan unit 4 silinder CRDi berkapasitas 1.500 cc. Transmisi yang bisa dipilih konsumen terdiri dari manual 5 atau 6 percepatan, kopling ganda otomatis 7-percepatan, dan iMT intelligent manual transmission 6-percepatan.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter