logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 22 Sep 2019 | 18:42

Kia Tambahkan Varian Ceed dengan Gaya Crossover, XCeed 2020. Hanya untuk Eropa

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Kia Ceed merupakan salah satu lineup tersukses dari pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) tersebut di benua Eropa. Tak mengherankan jika Kia menelurkan beberapa varian dari Ceed, seperti hatchback, GT yang mencoba berkompetisi dalam segmen hot hatchback, sampai shooting brake. Dan pabrikan mobil Korsel tersebut kembali menambahkan varian Ceed dengan gaya crossover, bernama XCeed. Sepertinya Kia tidak mau kehilangan momentum ketika segmen crossover sangat digandrungi masyarakat dunia. Tentu saja pihak pabrikan berharap penjualan seri Ceed akan semakin banyak dengan munculnya varian ini. Sayangnya, mobil ini hanya tersedia secara khusus untuk Eropa karena memang pada dasarnya Ceed sendiri hanya dijual di Benua Biru tersebut.

Lalu apa yang membedakan antara Ceed dengan XCeed? XCeed sendiri dibangun dengan mengambil basis Ceed hatchback. Meskipun tampak seperti Ceed ditinggikan lalu diberi body plastic cladding dan skid plate, tapi pihak Kia mengatakan pengembangan XCeed ini seperti membuat mobil baru. Secara dimensi, XCeed memiliki moncong dan overhang belakang yang lebih panjang dibandingkan dengan Ceed biasa. Selain itu juga lebih lebar dan tentu saja memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan dengan Ceed. Tapi angka jarak sumbu roda tidak berubah, yakni 2.650 mm.

Secara desain, desainer Kia melakukan perubahan yang cukup signifikan.Wajah XCeed ini secara sekilas memang tampak persis dengan Ceed reguler. Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama, maka akan terlihat lampu utama dengan desain baru, gril Tiger Nose juga didesain ulang, bumper depan juga mendapatkan bentuk baru dan terdapat aksen krom, dan lampu kabut kini berbentuk lingkaran. Bagian samping terdapat pelek dengan motif yang lebih gagah dan terdapat dua pilihan ukuran yang bisa dipilih, yaitu 16 inci dan 18 inci. Pilar C pada XCeed terlihat lebih landai dibandingkan dengan saudara kembarnya. Lampu belakang dan bumper belakang didesain ulang dan pada XCeed mendapatkan sepasang knalpot. Konsumen bisa memilih 12 pilihan warna yang tersedia dengan Quantum Yellow sebagai warna unggulan.

Untuk desain interior, bisa dibilang terlihat sama dengan Ceed biasa. Pihak Kia hanya mengubah bahan material yang digunakan. Sebagian besar elemen kabin XCeed ini terbuat dari material soft-touch, trim krom satin, kain, kulit sintetik, dan kulit asli. Hal yang menarik adalah hadirnya aksen berwarna kuning pada beberapa bagian dipadukan dengan warna hitam sehingga terlihat kontras. Pada kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 8 inci (terdapat pilihan opsional berukuran 10,25 inci). Di belakang kemudi terdapat panel instrumen digital berukuran 12,3 inci. Sedangkan untuk kapasitas bagasinya adalah mencapai 31 liter dalam keadaan standar dan 426 liter jika kursi dilipat. 

Sayangnya, meskipun sudah didaulat sebagai crossover, pihak Kia tidak menyediakan pilihan semua roda untuk XCeed, Ya, mobil ini hanya tersedia dalam penggerak roda depan seperti Ceed biasa. Tapi insinyur Kia telah melakukan perubahan pada bagian suspensinya. Per depan dan belakang dibuat lebih lembut 7% dan 4%. Mobil ini juga dilengkapi dengan peredam dinamis baru untuk cross-member bagian belakang dan bertujuan agar pengendaraan lebih nyaman. 

Pilihan mesin yang disediakan cukup beragam. Untuk sementara pilihannya adalah bensin dan diesel. Mesin bensin terdiri dari 1.000 cc 3 silinder bertenaga 118 hp, lalu ada 1.400 cc 4 silinder mampu menghasilkan tenaga 138 hp, dan 1.600 cc T-GDI dilengkapi dengan turbo mampu memproduksi tenaga 201 hp. Dan mesin diesel-nya memiliki dua pilihan tenaga yang bersumber dari unit berkapasitas 1.600 cc 4 silinder. Pilihan tenaganya adalah 113 hp dan 134 hp. Untuk semua pilihan mesin kecuali yang berkapasitas 1.000 cc bensin bisa dipasangkan dengan gearbox manual 6-percepatan atau otomatis kopling ganda dengan 7-percepatan. Pada awal 2020, Kia akan menambahkan varian mild hybrid dengan sistem kelistrikan 40 Volt dan plug-in hybrid.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter