logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 22 Sep 2019 | 13:22

Seltos 2020 adalah SUV Kecil Pertama dari Kia.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah foto tanpa kamuflase-nya tersebar di dunia maya, akhirnya Kia secara resmi memperkenalkan SUV kecil pertamanya, Seltos. Kia Seltos ini ditugaskan untuk mengisi celah kosong antara Sportage dan Stonic. Lalu untuk asal-usul nama Seltos ini adalah berasal dari Celtos, anak dari Hercules dalam mitologi Yunani. Huruf 'C' diganti dengan huruf 'S' sepertinya untuk menyeragamkan dengan nama SUV Kia lainnya yang semuanya berawalan huruf 'S' (maaf tidak termasuk Telluride). Menurut Kia, mobil ini diperuntukkan untuk para millenial, berjiwa muda, dan orang yang selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ingin terlihat berbeda.

Dan sepertinya desainer Kia berhasil membuat small SUV ini terlihat menarik dan berbeda. Lampu utamanya berukuran kecil dan sudah LED. Lampu seinnya ditempatkan tepat di bawah lampu utama. Gril Tiger Nose khas Kia juga hadir dengan motif wajik dan dilabur warna silver. Bumper depannya hadir dengan sejumlah garis-garis tegas dan ditemani oleh skid plate dan juga lampu kabut LED. Senada dengan lampu depan, lampu belakang juga sudah LED dengan motif menarik dan didominasi warna merah. Untuk peleknya, konsumen bisa memilih 3 ukuran yang disediakan, yaitu 16, 17, dan 18 inci.

Kabin Seltos ini diklaim sangat lapang dan memiliki desain layaknya sebuah lounge. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar LCD sentuh berukuran 10,25 inci yang akan menampilkan berbagai fitur hiburan dan fungsi hiburan. Untuk varian tertingginya, konsumen Seltos akan mendapatkan Head Up Display berukuran 8 inci, sistem audio buatan Bose, dan lain-lain.

Menariknya, mobil ini sudah mendapatkan 3 mode pengendaraan, yaitu Normal, Eco, dan Sport. SUV yang berbagi platform dengan Hyundai Kona ini mempunyai paket sistem keselamatan aktif dan pasif, bernama Vehicle Stability Management. Paket tersebut terdiri dari kontrol traksi, electronic stability control, hill-start assist, brake-force assist, sensor parkir bagian depan dan belakang, dan masih banyak lagi.

Ada 3 pilihan dapur pacu yang disediakan Kia. Untuk mesin bensin adalah unit berkapasitas 1.600 cc dilengkapi dengan turbo mampu menghasilkan tenaga 175 hp. Pilihan kedua adalah bensin berkapasitas 2.000 cc tanpa turbo mampu memproduksi tenaga 147 hp. Dan yang terakhir adalah unit diesel berkapasitas 1.600 cc bertenaga 134 hp. Semua mesin tersebut memiliki tiga pilihan transmisi, yaitu otomatis 6-percepatan, otomatis 7-percepatan ,atau CVT. 

Rival dari Ford EcoSport, Honda HR-V, dan Mazda CX-3 ini akan dirakit di fasilitas perakitan Kia yang berada di India dan Korea Selatan. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter