logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 21 Sep 2019 | 19:12

Kia HabaNiro Concept. Calon Crossover Listrik dengan Teknologi Otonom.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Produsen mobil terkemuka asal Korea Selatan (Korsel), Kia, memperkenalkan mobil konsep terbarunya, HabaNiro. Mobil konsep ini sendiri berjenis crossover bertenaga listrik dan sudah mendukung sistem otonom level 5. Artinya, mobil ini bisa berjalan sendiri tanpa adanya intervensi dari pengemudi sama sekali. Dan mobil ini didaulat oleh Kia sebagai mobil yang cocok untuk mobilitas masa depan.

Untuk urusan desain eksterior, penampilan HabaNiro bukanlah selera semua orang, Wajar saja ini adalah mobil konsep dimana tim desainer Kia bisa berimajinasi sesuka hati ketika mengembangkan mobil ini. Dibuat oleh studio desain Kia di California, wajah mobil konsep ini terinspirasi dari moncong ikan hiu. Ini terlihat dari body plastic cladding yang berwarna abu-abu metalik mendominasi bagian depan sampai menutupi sebagian gril. Sedangkan aksen aluminium berwarna hitam gloss diibaratkan sebagai gigi runcing hiu. Sementara lampu LED Daytime Running Lights-nya terinspirasi dari detak jantung yang biasa terlihat pada alat EKG. Pada pilar C, desainer Kia melaburkan warna yang kontras, yaitu merah. 

Masuk ke dalam kabinnya sangatlah mudah. Karena mobil ini mempunyai model bukaan pintu keatas model kupu-kupu. Warna Lava Red langsung menyambut ketika duduk di dalamnya. Pada kursi depan terdapat trim Boucle yang terlihat seperti mengambang di atas lantai yang penuh dengan motif. Anda tidak akan melihat panel instrumen, tuas transmisi, dan layar pada kokpit tengah pada HabaNiro karena itu semua digantikan dengan Head Up Display (HUD) yang akan terlihat pada kaca depan. Untuk mengakses fitur ini bisa melalui panel instrumen akrilik cekung yang memiliki layar touchpad dengan umpan balik berupa cahaya sensorik. Pihak Kia juga membenamkan teknologi Techincal Option Sharing System (TOSS) yang memungkinkan pengguna untum mengakses menu melalui HUD dengan sangat mudah. 

Pada saat mode otonom diaktifkan, maka setir akan melipat secara otomatis dan ini akan menambah kelapangan interior mobil. Menariknya, HabaNiro ini dilengkapi dengan sistem yang bisa membaca emosi pengemudi saat berkendara dan akan diperlihatkan melalui warna kabin yang berubah.Pihak pabrikan tidak berbicara secara detil mengenai peforma dari HabNiro ini. Pabrikan asal Korea tersebut hanya mengatakan bahwa mobil ini bertenaga listrik dengan penggerak empat roda. Selain itu dalam sekali pengisian baterai sampai penuh, HabaNiro bisa menjelajah sejauh 483 km.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter