logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 15 Sep 2019 | 16:19

Kia KX5 2020 adalah Sportage Versi Cina dengan Bentuk Lebih Konservatif.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Pasar otomotif Cina memang seksi. Banyak produsen mobil yang mengembangkan mobil khusus untuk Negeri Tirai Bambu tersebut. Termasuk Kia yang mempunyai beberapa lineup yang hanya dijual di sana. Salah satunya adalah KX5 yang merupakan SUV kompak. Sebenarnya KX5 adalah Kia Sportage versi Cina. Tapi tidak hanya namanya saja yang berbeda, tapi desain eksteriornya juga berbeda sama sekali. 

Jika dibandingkan dengan versi global, KX5 mempunyai desain bagian luar yang lebih konservatif. Jika Sportage mempunyai lampu utama lonjong yang sekilas mirip dengan Porsche Macan, maka KX5 memiliki desain lampu utama yang mirip dengan Sorento generasi kedua yang facelift. Lampu LED Daytime Running Lights-nya hadir dengan bentuk horizontal tepat di bawah lampu utama. Sementara lampu sein ditempatkan tepat di bawah lampu LED. Lampu kabut LED yang masing-masing terdiri dari empat unit untuk satu sisi mengingatkan saya pada salah satu hot hatchback Kia, Pro_Cee'd GT. Gril khas Kia yang disebut Tiger Nose juga ada dengan motif berlian. Lampu belakang LED juga terlihat berbeda dengan Sportage dimana pada KX5 memiliki motif yang berbentuk huruf L dan ada lis krom pada bagian atasnya. Lampu sein dan mundur sama-sama berada di bumper belakang tapi penempatannya berbeda.

Tak hanya desain eksteriornya saja yang berbeda, tapi juga kabinnya. Di belakang setir palang tiganya terdapat panel instrumen yang sudah digital tersaji dalam layar berukuran 7 inci. Dan pada kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 10,25 inci yang berfungsi untuk menampilkan berbagai fitur hiburan. Tombol-tombol fisik untuk mengaktifkan berbagai fitur digantikan dengan panel sentuh yang sensitif dengan sentuhan. Pihak Kia juga mengklaim bahwa KX5 baru ini lebih senyap kabinnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ini berkat penggunaan material tambahan untuk mencegah suara dari luar masuk ke dalam kabin. Fitur-fitur menarik juga disematkan, seperti sistem voice command dengan AI, wireless charging, kamera 360, dan masih banyak lagi.

Untuk dapur pacunya, KX5 memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.600 cc T-GDI 4 silinder dilengkapi dengan turbo mampu memproduksi tenaga 174 hp dan torsi 265 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis kopling ganda 7-percepatan. Pilihan kedua adalah unit berkubikasi 2.000 cc 4 silinder tanpa turbo. Tenaga yang dihasilkan adalah 162 hp dan torsi 203 Nm. Gearbox yang digunakan adalah otomatis 6-percepatan. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter