logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 22 Nov 2020 | 22:15

Jeep Wrangler Rubicon 392 2021 Gendong Mesin HEMI V8.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Beberapa waktu lalu Jeep sempat memperkenalkan mobil konsep Wrangler Rubicon yang mengandalkan mesin V8 HEMI. Pada waktu itu, pihak Jeep belum mengumumkan apakah Wrangler tersebut akan masuk jalur produksi massal. Akhirnya kini secara resmi Jeep menjual Wrangler V8 tersebut untuk umum dengan nama resmi Wrangler Rubicon 392 2021. 

Bisa dibilang Wrangler ini adalah varian kencangnya SUV legendaris ini. Tak heran jika varian ini tampil lebih gagah dan sporty. Pada bagian depannya pihak Jeep menggunakan kap mesin dengan saluran udara yang dicomot dari Gladiator Mojave. Untuk menegaskan bahwa ini adalah varian Wrangler paling gahar, disematkanlah emblem bertuliskan ‘392’ pada kap mesin. Dari samping, mobil ini terlihat 5 cm lebih tinggi dari Wrangler reguler sehingga total ground clearance-nya adalah 26 cm. Dengan penambahan tinggi pada bagian kaki-kaki berefek pada kemampuan mobil ini menerabas genangan air atau banjir. Menurut pihak Jeep, Wrangler 392 ini mampu menerobos genangan air dengan kedalaman maksimal 82,5 cm. 

Wrangler Rubicon ini juga bertambah gagah berkat menggunakan pelek berukuran 17 inci yang dibungkus oleh ban BF Goodrich K02 All-Terrain berukuran 33 inci. Untuk bagian belakangnya tidak ada perubahan, kecuali knalpot yang kini berjumlah 4 unit. Pihak Jeep mengatakan bahwa varian ini hanya tersedia dengan tipe 5 pintu. 

Bagian dalamnya, mobil ini hadir dengan jok berlapiskan kulit dengan cetakan jahitan berwarna perunggu. Pada bagian kokpit tengahnya masih terdapat layar sentuh berukuran 8,4 inci untuk menampilkan fitur hiburan dan mobil. Sementara itu untuk aksesoris lainnya, seperti lampu LED, rock rails, dan winch juga akan ditawarkan dari Mopar. 

Insinyur Jeep melakukan perbaikan pada sasis mobil dengan cara memperkuatnya dengan menggunakan lebih banyak baja, melakukan upgrade control arm bagian depan dan memasang transfer case  full-time 2-percepatan, Dana 44 dengan differential locking yang diatur secara elektronik, dan peredam kejut dari Fox. 

Sementara itu untuk mesinnya, Wrangler ini menggunakan dapur pacu yang sama dengan Dodge Challenger, Dodge Charger, Dodge Durango, dan Jeep Grand Cherokee SRT. Ini artinya Wrangler Rubicon 392 menggendong unit bensin HEMI V8 berkapasitas 6.400 cc tanpa turbo alias naturally-aspirated. Tenaga yang dihasilkan adalah 470 hp dan memiliki torsi 637 Nm. Transmisi yang digunakan adalah otomatis 8-percepatan. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter