logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 19 Sep 2020 | 21:42

Jaguar F-Pace 2021 Kini Bermesin Mild Hybrid dan Plug-in Hybrid.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Pabrikan mobil asal Inggris, Jaguar, baru-baru ini memperkenalkan facelift dari SUV kompak mewahnya, F-Pace. Ya, SUV pertama mereka akhirnya mendapatkan penyegaran setelah dipasarkan pada tahun 2016 silam. Pembaruan yang dilakukan meliputi, sektor eksterior, bagian interior, dan tentu saja tenaga penggeraknya yang sekarang lebih bertenaga dan ramah lingkungan.

Pertama yang dibahasa adalah bagian eksteriornya. Seperti facelift pada umumnya, pada bagian ini perubahan yang terjadi tidak terlalu banyak. Tapi pada F-Pace 2021 ini masih bisa dilihat dengan jelas perubahannya tanpa perlu melihatnya secara teliti. Pada bagian moncong, tim desainer Jaguar mendesain ulang bagian dalam lampu utama yang sekarang sudah LED. Tak hanya itu saja, LED Daytime Running Lights juga kini membentuk huruf ‘J’. 

Gril radiator sekarang hadir dengan dimensi yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Saluran udara pada bumper depan memiliki ukuran yang lebih besar membuat SUV ini tampak lebih sporty. Pihak Jaguar juga melakukan ubahan pada elemen eksterior yang kecil, seperti saluran udara pada pilar A yang juga mendapatkan ubahan dimana kini dilabur dengan krom dan menghadirkan logo khas Jaguar. Untuk bagian belakangnya perubahan yang paling terlihat adalah lampu belakang. Sekarang lampu belakang LED F-Pace terlihat lebih sipit dan terdapat 2 ‘gundukan’ pada bagian bawah. Elemen yang juga didesain ulang adalah bumper belakang dan sepasang knalpot baru.

Interiornya, terdapat roda kemudi dengan desain baru yang terlihat lebih sporty. Di belakangnya terdapat panel instrumen yang sudah digital berukuran 12,3 inci bernama HD Interactive Driver Display. Panel instrumen tersebut memiliki grafik yang baik dengan layout yang bisa diatur sesuai dengan keinginan pengemudi dan bisa menampilkan peta secara penuh dan 3 dimensi. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar sentuh HD berukuran 11,4 inci yang menggunakan kaca melengkung dan dibungkus dengan magnesium alloy. Layar tersebut akan menampilkan sistem multimedia buatan Jaguar, Pivi Pro dan sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. 

Untuk materialnya, beberapa bagian dalam SUV mewah ini dilapisi oleh kayu veneer, aksen aluminium, dan material lembut. Hal baru lainnya pada bagian dalam mobil ini adalah konsol tengah baru, tuas transmisi dengan desain yang lebih sporty, jok dengan sistem penghangat dan pendingin, sampai pencahayaan interior khas mobil mewah. Tim insinyur Jaguar juga membenamkan Active Road Noise Cancellation dan Engine Noise Cancellation yang menjamin kabin mobil ini lebih hening saat dalam perjalanan.

Konsumen Amerika Serikat (AS) akan mendapatkan varian mesin baru mild-hybrid dengan sistem 48 Volt. Tipe ini menggendong mesin berkapasitas 3.000 cc 6 silinder segaris dilengkapi dengan twincharged menyemburkan tenaga 395 hp. Sedangkan untuk pasar Eropa, terdapat pilihan jeroan baru dengan plug-in hybrid. Jantung mekanis yang digunakan adalah 2.000 cc 4 silinder dilengkapi dengan turbo dan ditemani oleh sebuah motor listrik. Total tenaga yang dihasilkan adalah 398 hp. Transmisi yang digunakan adalah otomatis 8-percepatan. Sistem gerak empat roda merupakan kelengkapan standar untuk F-Pace 2021 ini. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter