logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 11 Jan 2020 | 14:41

Jaguar F-Type 2021 Tampil Lebih Galak.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah mengentikan produksi sedan mewah XJ, nasib lineup mobil sport Jaguar digosipkan juga berada diujung tanduk dan tinggal menunggu waktu saja untuk disuntik mati. Untungnya, hal tersebut hanyalah rumor belaka. Karena pabrikan mobil mewah asal Inggris ini memperkenalkan facelift dari sport car andalannya, F-Type. Tentu ini pertanda bahwa Jaguar belum menyerah pada segmen mobil sport.

Jika dibandingkan dengan F-Type yang saat ini sudah beredar di jalanan dunia, F-Type 2021 terlihat lebih galak. Ini berkat lampu utama yang berukuran lebih kecil dan memiliki bentuk menyudut. Lampu LED Daytime Running Lights-nya tetap menyala dengan membentuk huruf 'J' tapi kini dimensinya juga lebih kecil. Gril pada F-Type baru ini terlihat lebih besar dengan motif sarang tawon yang juga ukurannya membengkak dibandingkan dengan generasi terdahulu. Saluran udara pada sisi kanan dan kiri mobil juga terlihat lebih besar. Dan untuk bagian belakangnya, perubahannya terlihat lebih sedikit. Desainer Jaguar mengganti aksen membulat pada bagian tengah lampu belakang menjadi trapesium terbalik. Jumlah knalpot juga lebih banyak dan kini menjadi empat unit.

Pembaruan yang dilakukan Jaguar untuk F-Type ini juga termasuk pada F-Type R yang merupakan model peforma tinggi. Menurut Jaguar, F-Type R ini hadir dengan sasis yang sudah dilakukan upgrade dan mendukung peredam adaptif baru, per baru, anti-roll bar, dan masih banyak lagi. Dan satu lagi varian ini menggunakan ban berukuran 20 inci. Dan untuk model F-Type V8, Jaguar membenamkan fitur Quiet Start. Fitur ini memungkinkan pemilik F-Type menyalakan mobilnya dengan volume suara kecil sehingga tidak mengganggu tetangga atau orang di sekitar. Fitur ini dilengkapi dengan katup bypass elektrik yang akan tetap tertutup ketika mobil dinyalakan.

Bagian dalamnya, Jaguar lebih fokus untuk menambahkan fitur daripada update desain interiornya. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar berukuran 12,3 inci yang menampilkan berbagai fitur hiburan dan fitur lainnya. Dan kini mobil dua pintu ini sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. Sistemnya juga sudah mendukung update melalui over-the-air sehingga pemilik tidak perlu datang ke dealer lagi untuk melakukan hal tersebut.

Untuk mesinnya terdapat beragam pilihan. Pilihan paling dasar adalah unit 4 silinder berkapasitas 2.000 cc dilengkapi dengan turbocharged mampu menghasilkan tenaga 296 hp dan torsi 400 Nm. Pilihan kedua adalah V8 berkkubikasi 5.000 cc dilengkapi dengan supercharged mampu memproduksi tenaga 444 hp dan torsi 580 Nm. Dan untuk F-Type R menggunakan jantung mekanis yang sama. Tapi insinyur Jgauar melakukan tune ulang sehingga tenaga yang disemburkan lebih besar, yaitu 567 hp dan torsi 700 Nm. Dan untuk pasar Amerika akan mendapatkan tipe mesin V6 berkapasitas 3.000 cc dilengkapi dengan supercharged mampu menyemburkan tenaga 380 hp dan torsi 459 Nm.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Selasa, 19 Jan 2021 - 10:17 wib
Yamaha Luncurkan Tiga Warna Baru R15
img1
Rabu, 20 Jan 2021 - 12:25 wib
Deklarasikan ZX25R-Indonesia (ZRI)
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter