logo

bg-h4-whiteKolumnis


Kamis, 31 Dec 2020 | 23:18

Hyundai Mistra 2021. Saudara Kembar Sonata Khusus untuk Negeri Tirai Bambu.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Jika untuk pasar global Hyundai memasarkan Sonata untuk mengisi segmen mid-size sedan, maka khusus untuk pasar Cina pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) ini memiliki satu lineup yang berbeda, yakni Mistra. Berbeda dengan Sonata yang sudah eksis sejak tahun 1985, maka Hyundai Mistra baru diluncurkan di Negeri Tirai Bambu pada 2013 silam. Baru-baru ini Hyundai memperkenalkan Mistra generasi kedua.

Generasi terbaru Mistra hadir dengan dua varian, yakni yang bermesin konvensional dan bertenaga listrik. Sebelum membahas mengenai pilihan mesinnya, saya akan membahas mengenai desain eksteriornya yang cukup menarik. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa seluruh lineup SUV Hyundai mulai dari Venue sampai Palisade menggunakan bahasa desain dimana lampu utama diposisikan di samping gril radiator. Sementara itu untuk lineup sedannya hadir dengan bahasa desain yang lebih konvensional, tapi tetap terlihat agresif dan sporty.

Khusus untuk Mistra generasi kedua ini tim desainer Hyundai mengadopsi bahasa desain ala SUV Hyundai. Hasilnya tidak terlalu buruk. Hyundai Mistra 2021 tampak lebih futuristik dibandingkan saudara kembarannya, Sonata. Sementara itu untuk bagian belakangnya terlihat elemen desain Sonata generasi terakhir berupa lampu LED yang menyatu. Meskipun hasilnya membuat tampilan belakang sedan empat pintu ini agak aneh. Untuk dimensinya, Mistra mempunyai dimensi panjang 4.780 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.460 mm, dan jarak sumbu roda 2.770 mm. 

Masuk ke interior, kita akan disambut dengan panel instrument digital berukuran 12,3 inci. Layar sentuh pada bagian kokpit tengah juga memilliki ukuran yang sama. Bagian kabin mobil terasa lebih lega berkat hadirnya atap panorama. Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur asisten pengemudi, seperti Forward Collision Avoidance Assistance, Higway Driving Assitance, Smart Cruise Control yang bekerja sama dengan sistem navigasi, Rear Cross Traffic Alert, Surround View Monitor, dan lain sebagainya. 

 

Untuk Mistra yang bermesin konvensional, pihak Hyundai menawrakan dua pilihan. Pilihan pertama adalah mesin bensin berkapasitas 1.800 cc bertenaga 141 hp dan torsi 176 Nm. Pilihan kedua adalah unit bensin berkubikasi 1.500 cc dilengkapi dengan turbocharged mampu menyemburkan tenaga 168 hp dan torsi 253 Nm. Sementara itu untuk Mistra EV memiliki baterai dengan kapasitas 56,5 kWh dan terdapat sebuah motor listrik yang bertenaga 181 hp dengan torsi 310 Nm. Jarak tempuh yang bsia dicapai oleh sedan ramah lingkungan ini adalah 520 km. 

Masalah pengisian ulang baterai, pihak Hyundai mengumumkan bahwa Mistra EV mampu diisi ulang hingga 30% sampai 80% dalam waktu 40 menit. Untuk pengisian sampai dengan penuh membutuhkan waktu sekitar 9,5 jam jika menggunakan soket biasa. 

Photos: Carscoops  & Car News China


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter