logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 08 Sep 2019 | 14:43

Hyundai Venue 2020. Crossover Terkecil dari Korea.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Jika Anda berpikir bahwa Hyundai tidak akan menambah lineup crossover dan SUV, maka Anda salah besar. Produsen mobil asal Korea Selatan (Korsel) ini memperkenalkan satu lagi produk terbarunya yang akan merangsek segmen crossover, yaitu Venue. Hyundai Venue 2020 ini diposisikan dibawah Kona. Ini berarti mobil ini akan menghuni segmen mini crossover dan akan melawan Ford Puma, Nissan Kicks, sampai Tata Nexo.

Crossover mungil ini hadir dengan desain eksterior khas SUV Hyundai saat ini yang berupa lampu utama yang diletakkan pada bumper depan, seperti yang kita lihat pada Kona, Santa Fe, dan Palisade. Tapi desainer Hyundai memberikan bentuk lampu yang berbeda. Lampu senja dan lampu sein ditempatkan pada posisi biasa lampu utama berada. Lampu utamanya berbentuk persegi dan dikelilingi oleh LED Daytime Running Lights. 

Tidak ada yang spesial ketika memperhatikan bagian samping Venue. Hadirnya roof rack bertujuan agar mobil ini tampak gagah. Sebagai kelengkapan standar, Venue hadir dengan pelek berukuran 15 inci dan terdapat pilihan opsional pelek berukuran 17 inci. Lampu belakangnya berbentuk persegi dengan motif garis-garis miring. Lampu mundurnya terlempar jauh ke bagian bumper belakang. Karena konsumen yang disasar adalah anak-anak muda, maka Hyundai menawarkan Venue dengan warna-warna menarik, seperti Black Noir, Ceramic White, Denim, Galactic Gray, Green Apple, Intense Blue, Scarlet Red dan Steller Silver.

Meskipun ini adalah mobil kecil, tapi jangan remehkan bagian dalamnya. Memang secara desain, kabin Venue terlihat biasa saja. Tapi roda kemudinya sudah dilapisi oleh kulit. Pada bagian kokpit tengah berdiri sebuah layar sentuh berukuran 8 inci yang sudah mendukung aplikasi Android Auto dan Apple CarPlay. Fitur menarik lainnya yang hadir pada mobil ini adalah kamera belakang, colokan USB, dan layar berukuran 3,5 inci diantara speedometer dan takometer. Venue juga sudah dilengkapi dengan fitur asisten pengemudi, seperti Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Blind-Spot Collision Warning, Rear Collision Cross-Traffic Warning dan Driver Attention Warning.

Jantung mekanis yang digunakan oleh Venue adalah Smartstream Gamma 4 silinder berkapasitas 1.600 cc dan mampu menghasilkan tenaga 121 hp dan torsi 151 Nm. Transmisi yang digunakan adalah manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan. 

Hyundai Venue akan diluncurkan di Amerika Serikat pada akhir tahun ini. Sementara untuk pasar Australia, mobil ini mulai dijual pada bulan ini. Akankah Hyundai Venue juga mampir ke Indonesia? Jika iya, sepertinya ada kemungkinan Venue akan dirakit secara lokal melihat dimensinya yang cocok untuk pasar Tanah Air. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter