logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 02 Dec 2018 | 15:17

Ford Focus Active Wagon 2019. Crossover Wagon tanpa Sistem Penggerak Semua Roda.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Apa Anda termasuk yang mengagumi wagon crossover seperti Audi Allroad dan Volvo V-Series Cross Country? Tapi Anda hanya bisa mengagumi saja tapi tidak bisa membelinya karena harganya yang mahal. Sekarang ada pilihan mobil serupa dengan dimensi yang lebih kompak dan harga yang lebih murah meskipun bukan dari merk Eropa. Adalah Ford yang baru saja memperkenalkan Focus Active Wagon untuk pasar Eropa.

Mobil ini dikembangkan dengan basis Focus Wagon dengan beberapa ubahan agar sesuai tema crossover yang diusung. Insinyur Ford menaikkan ground clearance sebesar 30 mm pada bagian depan dan 34 mm untuk bagian belakang sehingga Anda bisa melewati jalan berlubang atau banjir dengan tenang. Perubahan lainnya pada bagian eksterior adalah ditambahkannya body plastic cladding di sekujur badan Focus, bumper depan yang didesain ulang, gril dan pelek dengan motif baru, roof rain, dan skid plate yang dilabur warna silver.

Perubahan yang tidak terlalu besar juga terjadi pada interiornya. Jok Focus Active ini hadir dengan emblem ‘Active’ dikombinasikan dengan cetakan jahitan berwarna biru. Hal senada juga bisa dilihat pada karpet mobil. Sementara itu setir dan tuas transmisinya kini dilapisi kulit. Pada dashboard dan panel pintu diberikan sentuhan berupa warna-warna cerah.

Ford tidak sekedar menaikkan tinggi mobil dan memodifikasinya ala crossover saja dalam mengambangkan Focus Active ini. Pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS) ini juga melakukan modifikasi pada sasis mobil yang kini menggunakan Short-Long Arm (SLA). Dengan SLA pihak Ford mengkalim bahwa akan menghasilkan pengendaraan yang lebih mulus. Selain itu menariknya ada tambahan mode pengendaraan pada Focus Active, yaitu Slippery dan Trail yang berguna ketika melewati jalan bersalju, berlapiskan es, berlumpur, dan jalanan berpasir. Tapi sayangnya mobil ini tidak ditawarkan dalam penggerak semua roda.

Untuk mesinnya, terdapat pilihan bensin dan diesel. Untuk mesin bensin ada pilihan dapur pacu EcoBoost berkapasitas 1.000 cc 3 silinder bertenaga 123 hp dan 1.500 cc 3 silinder bertenaga 148 hp. Sedangkan untuk diesel, EcoBlue berkapasitas 1.500 cc turbo mampu memproduksi tenaga 118 hp dan 2.000 cc turbo mampu menyemburkan tenaga 148 hp. Transmisi yang tersedia adalah manual 6-percepatan atau otomatis 8-percepatan.

Ford Focus Active 2019 ini juga tersedia dalam bentuk hatchback lima pintu. Sayangnya, mobil ini hanya dijual di Eropa dan tidak akan tersedia untuk pasar AS.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Senin, 03 Dec 2018 - 08:00 wib
Honda PCX Jelajahi Destinasi Eksotis di 4 Pulau
img1
Senin, 03 Dec 2018 - 17:31 wib
5 Komunitas Ini Juara Safety Campaign Award 2018
img1
Rabu, 05 Dec 2018 - 08:54 wib
Intip KTM OrangeCare Di KTM Semarang
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter