logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 16 Sep 2018 | 22:02

Fiat 500X 2019 Dijejali Mesin Turbo dan Tampilan Baru

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Varian crossover kompak Fiat, yakni 500X sudah berumur empat tahun sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2014 silam. Dan sekarang waktu yang tepat untuk bersolek agar tidak terlihat tua dibandingkan dengan para pesaingnya. Apalagi saudara kandungnya, Jeep Renegade sudah mendapatkan facelift lebih awal.

Ubahan yang terjadi pada Fiat 500X 2019 ini tergolong minor. Pada bagian desain eksterior, kita bisa melihat kini lampu utamanya ditemani oleh LED Daytime Running Lights. Lampu senjanya juga sudah standar menggunakan LED. Konsumen 500X nantinya akan ditawarkan opsional lampu utama yang menggunakan LED. Pihak Fiat mengatakan dengan menggunakan LED, cahanya akan lebih terang 20% dibandingkan dengan lampu Xenon pada generasi terdahulu. Bumper depan juga turut didesain ulang yang sekarang didominasi oleh ventilasi udara. Pada bagian belakang perubahan terjadi pada lampu belakang yang sekarang menggunakan LED dan hadir dengan desain baru yang membuat 500X baru ini tampak lebih elegan.

Pada bagian dalamnya, desainer Fiat mendesain ulang panel instrumen agar lebih mudah dibaca oleh pengemudi saat berkendara. Konfigurasinya masih sama dengan generasi terdahulu, yakni layar digital TFT berukuran 3,5 inci diapit oleh takometer dan speedometer analog. Selain itu, setir palang tiganya kini berlapiskan kulit Techno dan sekarang terdapat pengendali radio. Menurut Fiat konsumen bisa memilih tujuh kombinasi kain, kulit, warna, dan aksen sesuai keinginan.

Pada bagian kokpit tengah tetap bertengger layar berukuran 7 inci yang menjalankan sistem hiburan khas Fiat Chrysler Automobile (FCA), UConnect. Kini compact crossover ini hadir dengan fitur Android Auto dan Apple CarPlay yang memudahkan pengemudi atau penumpang dalam mengkoneksikan ponsel pintarnya dengan mobil. Fitur lain yang bisa diakses melalui layar 7 inci tersebut adalah konektivitas Bluetooth hands-free, audio streaming, text reader, voice recognition, dan lain-lain. Terdapat juga colokan Aux dan USB.

Fitur asisten pengemudi juga dibenamkan ke dalam tubuh 500X baru ini, seperti Traffic Sign Recognition, Speed Advisor, dan Lane Assist yang menjadi kelengkapan standar. Sementara yang menjadi opsional adalah Blind Spot Alert, Safety Distance Manager, dan Autonomous Emergency Brake.

Perubahan paling besar lainnya terjadi pada bagian dapur pacu. Insinyur Fiat mengganti mesin non-turbo pada generasi terdahulu dengan yang memiliki turbocharged bernama Firefly. Pilihan mesin paling dasar adalah 1.000 cc 3 silinder turbocharged memiliki tenaga 120 hp dan torsi 190 Nm dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Varian lainnya adalah 1.300 cc 4 silinder turbocharged memiliki tenaga 150 hp dan torsi 270 Nm ditemani oleh transmisi otomatis kopling ganda 6-percepatan. Bagi yang tidak suka dengan turbo, pihak pabrikan masih menawarkannya dengan kapasitas 1.600 cc bertenaga 110 hp ditemani oleh transmisi manual.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter