logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 18 Aug 2019 | 19:54

Daihatsu Tanto 2020 Dilenbgkapi dengan Sistem Keselamatan Aktif.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Di Indonesia, Daihatsu dikenal dengan MPV kompaknya yang bernama Xenia dan mendapat julukan 'MPV sejuta umat'. Dan pada pasar Jepang, produsen mobil yang berlogo huruf 'D'' memiliki lineup unggulan yang berbeda sama sekali dan masuk kategori sebagai kei car (mobil berukuran kecil yang bisa dibilang program LCGC-nya Jepang).

Dan Daihatsu Tanto adalah salah satunya. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008, mobil ini dikembangkan dengan basis Daihatsu Move. Dan tahun ini pabrikan mobil asal Jepang tersebut memperkenalkam generasi terbaru Tanto yang sudah memasuki generasi keempat. Dan seperti generasi sebelumnya, Tanto dijual dalam dua varian, yaitu Tanto dan Tanto Custom yang lebijh sporty.

Kedua varian tersebut dapat dibedakan jika kita melihat desain eksteriornya. Untuk Tanti reguler memiliki wajah yang lebih kalem. Lampu utamanya berbentuk persegi panjang dan ditemani oleh sepasang LED Daytime Running Lights pada masing-masing lampu yang diposisikan pada atas  bawah lampu utama. Desainer Daihatsu mempertahankan bentuknya yang boxy sebagai ciri khas dan memperluas kabin mobil. Dan untuk versi Custom, Tanto memiliki tampilan yang lebih agresif. Lampu utamanya terbagi dua dengan LED Daytime Running Lights yang memisahkan antara lampu senja dengan lampu utama. Aksen krom juga hadir pada beberapa bagian body mobil untuk memberikan kesan mewah.

Berbicara mengenai akses masuk ke kabin, sungguh mudah, Karena Tanto 2020 ini sudah dilengkapi dengan pintu geser pada kedua sisi mobil. Pintu gesernya juga sudah otomatis sehingga makin memudahkan saat ingin keluar atau masuk mobil. Dan pintu depan mobil mungil ini bisa dibuka sampai dengan 90 derajat. Untuk masalah kapasitas bagasi, tak perlu khawatir karena pihak Daihatsu menawarkan jok yang bisa dilipat rata sehingga bisa menambah kapasitas bagasi. Menariknya, melalui sebuah tombol kursi pengemudi bisa digeser ke belakang sampai sejauh 540 mm dan untuk kursi penumpang depan sejauh 380 mm. 

Mengikuti tren masa kini, Tanto baru ini hadir dengan panel instrumen digital. Dan pada kokpit tengah terdapat layar sebesar 9 inci yang akan menampilkan berbagai fitur mobil. Sayangnya, layar tersebut adalah opsional.

Sistem keselamatan yang disematkan juga cukup lengkap. Contohnya adalah Smart Assist yang mampu memberitahu pengemudi ketikan akan terjadi kecelakaan dan jika pengemudi tidak merespon, maka sistem akan melakukan pengereman secara otomatis. Fitur lainnya adalah Lane Keeping Control System yang akan memberi peringatan ke pengemudi ketika mobil mulai keluar dari jalur yang seharusnya. Dan ada juga Adaptive High Beam yang merupakan pengaturan lampu depan mobil sehingga tidak akan membuat silau pengemudi lainnya.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter