logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 11 Aug 2019 | 21:00

Chevrolet Corvette C8 2020 Kini Bermesin Tengah.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Chevrolet (Chevy) akhirnya memperkenalkan generasi terbaru dari Corvette. Kini American Sportcar ini sudah memasuki generasi kedelapan. Ada yang spesial dengan mobil bernama lengkap Corvette C8 ini. Bukan desain eksterior yang nyeleneh atau kabinnya yang futuristik, melainkan posisi mesin berubah total. Dari generasi awal sampai generasi ketujuh Corvette selalu menganut konfigurasi mesin depan. Tapi kini Corvette C8 menggunakan konfigurasi mesin tengah. 

Sebenarnya ini bukanlah hal baru Corvette dengan mesin tengah. Pada akhir 1960-an insinyur Corvette yang juga dijuluki sebagai 'Bapaknya Corvette', Zora Arkus-Duntov, mengembangkan mobil konsep bernama Aerovette yang memiliki konfigurasi mesin tengah tapi tidak sampai masuk jalur produksi karena dianggap mahal. Dan pada tahun 1986 Chevy kembali memperkenalkan mobil konsep dengan mesin tengah, Corporate Engineering Research Vehicle III (CERV III). Dan sekali lagi hanya sebatas mobil konsep tak sampai diproduksi massal. Dan akhirnya beberapa dekade kemudian barulah terwujud Corvette bermesin tengah untuk konsumsi massal.

Berbicara mengenai mesin, C8 ini mengandalkan jantung mekanis LT2 V8 berkapasitas 6.200 cc mampu menghasilkan tenaga 490 hp dan torsi 630 Nm. Jika tenaga tersebut masih kurang cepat, Chevy menawarkan varian Z51 Performance Package yang meningkatkan tenaga menjadi 495 hp dan torsi 637 Nm. Transmisi yang digunakan adalah otomatis kopling ganda dengan 8-percepatan. Sayangnya, pihak pabrikan tidak menawarkan pilihan gearbox manual. 

Lalu bagaimana dengan peformanya? Pihak Chevy hanya mengumumkan bahwa varian Z51 mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu kurang dari 3 detik tanpa menyebutkan angka pastinya. Jika pernyataan tersebut benar, maka Corvette C8 ini sangat kencang karena Corvette C7 ZR1 dengan tenaga 755 hp membutuhkan waktu 2,85 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.

Desain interiornya cukup bagus. Di depan jok pengemudi yang bergaya sport, terdapat roda kemudi model 2-spoke dengan berbagai tombol pengoperasian dimana salah satunya adalah Z Mode. Dengan mode tersebut pengemudi bisa melakukan penyetelan peforma mobil sesuka hati. Di belakang setirnya terdapat panel instrumen berukuran 12 inci dengan tampilan digital khas mobil masa kini. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar yang menampilkan berbagai fitur hiburan dan fungsi kendaraaan. Pihak Chevy mengatakan bahwa sistemnya kini lebih cepat dan lebih mudah digunakan.

Untuk menambah kesan sporty, pihak pabrikan menghadirkan trim aluminium dan beberapa material interior terbuat dari carbon fiber. Pihak Chevy mengatakan bahwa konsumen C8 bisa melakukan modifikasi interior sesuai keinginannya. Lalu juga terdapat opsi tiga tempat duduk. Konsumen juga bisa memilih warna bagian dalam mobil sesuai selera. Terdapat enam pilihan warna yang ditawarkan, yaitu Jet Black, Sky Cool Gray, Adrenaline Red, Natural / Natural Dipped, Two-Tone Blue dan Morello Red. Bahkan pihak pabrikan juga menyediakan enam pilihan warna untuk sabuk pengaman, yaitu Hitam, Biru, Natural, Torch Red, Kuning, dan Oranye.

Sebagai kelengkapan standar, terdapat 10 unit speaker buatan Bose. Terdapat opsi untuk menambahkannya menjadi 14 unit dengan aksen stainless steel. Opsi lainnya adalah setir dengan sistem penghangat, jok dengan memory, dan sistem Performance Data Recorder yang sudah di-upgrade. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter