logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 26 Sep 2020 | 20:50

BMW M4 2021 Coupe Kompak Bertenaga 500 HP dan Berpenggerak AWD.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Beberapa waktu lalu BMW memperkenalkan generasi terbaru Seri 4 dengan tampilan yang kontroversial. Dan tak perlu waktu lama untuk pabrikan asal Jerman tersebut untuk memperkenalkan versi peforma tingginya, M4. Diperkenalkan bersamaan dengan M3, BMW M4 2021 mempertahankan desain eksterior yang mengundang perdebatan. 

Ya, karena ini adalah M4 maka tak usah heran jika bagian depannya masih mengundang perhatian. Ini artinya terdapat gril radiator khas BMW yang berupa ginjal kembal berukuran raksasa. Memang tampilan seperti ini dari awal sudah mengundang perdebatan dan kontroversi. Tapi pihak BMW mengatakan bahwa ini bertujuan untuk memperkuat citra BMW dan konsumen dapat membedakan dengan mudah lineup BMW yang semakin banyak. Coupe kompak ini terlihat semakin sangar berkat hadirnya saluran udara berukuran besar pada bagian tengah depan dan sisi ujung bumper yang diletakkan secara vertikal.

Dari samping terdapat side skirt yang sporty, kaca spion yang lebih aerodinamis, dan pelek alloy berukuran 18 inci untuk depan dan 19 inci pada bagian belakang. Untuk varian Competition memiliki pelek berukuran 19 inci depan dan 20 inci belakang. Coupe mewah ini juga terlihat gemuk berkat rumah roda bagian belakang yang menggembung. Sementara itu untuk bagian belakang pihak BMW menambahkan lip spoiler, bumper belakang yang menggembung, diffuser belakang, dan 4 unit knalpot. Walau hadir dengan warna kuning, mobil ini memiliki tampang yang tetap mengancam para rivalnya.

Perubahan pada bagian dalam mobil terlihat cukup minim. Pihak pabrikan mengganti roda kemudi yang lebih sporty, tombol Start/Stop yang sekarang berwarna merah, dan untuk konsumen varian Competition akan mendapatkan tuas transmisi dengan desain khusus. Jok nya juga diganti dengan desain khas mobil sport dan dilapisi oleh kulit Merino dan terdapat Ventilation Sytem untuk pertama kalinya. Konsumen juga bisa memesan jok bucket yang lebih ringan 9,5 kg dibandingkan jok standar dan memiliki badge yang bisa menyala dalam gelap. 

Di belakang setir palang tiganya terdapat panel instrumen yang digital berukuran 12,3 inci. Pada kokpit tengah terdapat layar sentuh multimedia berdimensi 10,25 inci dengan fitur peta BMW yang berbasiskan cloud, Android Auto, dan Apple CarPlay. Pihak BMW juga membenamkan fitur yang hanya ada pada model M saja, seperti M Drift Analyzer yang mampu menganalisa kemampuan pengemudi dalam melakukan drift, dan M Laptimer yang akan melaporkan catatan waktu pengemudi dalam mengelilingi sirkuit.

Berita besar pada M4 baru kali ini adalah hadirnya penggerak all-wheel drive pada tipe Competition. Dengan penggerak ini insinyur BMW menghadirkan fitur Active M Rear Differential. Untuk memastikan M4 ini memiliki handling yang baik, pada kondisi normal torsi akan dialirkan ke roda belakang. Ketika dibutuhkan tambahan torsi, maka tenaga juga dialirkan ke roda depan untuk menambah grip. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter