logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 26 Jul 2020 | 07:43

BMW iX3 2021 adalah SUV Listrik Pertama dari Munich.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Akhirnya BMW secara resmi memperkenalkan SUV bertenaga listrik pertamanya, iX3. Dan ini bisa dibilang merupakan X3 versi listrik karena menggunakan nama yang sama. Meskipun begitu tim desainer BMW melakukan ubahan pada beberapa bagian agar terlihat berbeda dengan X3 biasa dan sesuai dengan tema ramah lingkungan yang dibawa.

Lampu utama pada iX3 tidak mengalami ubahan. Masih berbentuk persegi panjang dengan LED Daytime Running Lights setengah lingkaran. Perbedaan yang mencolok pada bagian moncong adalah gril ginjal kembar khas BMW yang tidak ada kisi-kisi alias tertutup rapat. Selain karena ini adalah mobil listrik, juga berguna untuk mengurangi hambatan angin. Bumper depan juga didesain ulang sehingga terlihat lebih simpel dengan saluran udara yang dibikin secara vertikal. Untuk menguatkan kesan mobil ramah lingkungan, dibuatlah aksen berwarna biru pada bagian samping dan belakang. Pelek alloy berukuran 19 inci juga dikembangkan sedemikain rupa untuk mengurangi hambatan angin.

Masuk ke interiornya, kita akan melihat logo khas BMW seri 'i' di beberapa tempat. Di belakang roda kemudi terdapat panel instrumen digital dan sudah dilengkapi dengan layar khusus untuk memonitor kerja mobil listrik ini saat dikendarai. Menariknya, konsumen bisa memilih warna kabin sesuai dengan selera, sepertiCarbon Black Metallic, Sophisto Grey Brillian, Mineral White Metallic, Phytonic Blue Metallic, Piedmont Red Metallic, dan Cashmere Silver Metallic. Selain itu juga konsumen bisa memilih jok mobil apakah mau yang standar atau kursi ala mobil sport. Sebagai kelengkapan standar, iX3 hadir dengan suspensi adaptif dan peredam elektronik.

Pada iX3 2021 ini insinyur BMW menempatkan motor listrik, power electronic, dan transmisi di tempat yang sama sehingga lebih kompak dan lebih mudah untuk digunakan pada beberapa tipe BMW lainnya. Pihak pabrikan juga mengatakan bahwa teknologi ePower generasi kelima ini 30% lebih bertenaga dibandingkan yang sekarang digunakan pada lineup elekrtrik BMW lainnya. Selain itu juga ada sistem pendingin atau pemanas untuk eDrive yang akan mengontrol temperatur baterai mobil, bahkan ketika suhu mencapai minus 30 derajat Celcius. Dan juga terdapat cairan pendingin atau pemanas yang akan mengontrol suhu yang ideal untuk motor listrik, power electronic, dan unit penyimpanan data. 

Mengandalkan eDrive baru, BMW iX3 2021 ini menggendong baterai dengan kekuatan 80 kWh dan sebuah motor listrik bertenaga 282 hp dengan torsi 400 Nm. Jika baterai penuh maka SUV listrik nan mewah ini bisa diajak menjelajah sejauh 460 km. Bepenggerak roda belakang, iX3 mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 6,8 detik dan kecepatan maksimal 180 km/jam. Pihak BMW menjanjikan bahwa iX3 ini mempunyai pengalaman berkendara yang tetap mengasyikkan khas pabrikan Jerman tersebut. 

Untuk urusan pengisian ulang baterai, mobil ini kompatibel dengan soket 150 kW fast charging dimana mampu mencapai 80% hanya dalam waktu 34 menit. Menariknya, dengan menggunakan fast charging dan mengisi ulang hanya selama 10 menit bisa menambah jarak tempuh mobil sejauh 100 km. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter