logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 14 Jul 2019 | 22:29

BMW Seri 1 2020 Kini Berpenggerak Roda Depan.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

BMW baru saja memperbarui salah satu lineup hatchback andalannya, Seri 1. Memasuki generasi ketiga Seri 1 2020 ini tampil lebih dewasa dan tentu saja lebih menarik. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Seri 1 baru ini tampak memiliki wajah yang lebih dinamis dan sporty. Dan yang paling fenomenal adalah kini Seri 1 memiliki penggerak roda depan. 

Sebagaimana ciri khas model BMW terkini, hatchback mewah ini juga memiliki lampu LED Daytime Running Lights setengah lingkaran. Tak lupa desainer BMW juga melakukan pembesaran pada bagian gril ginjal kembar khas produsen mobil asal Jerman tersebut. Tapi ukurannya masih terlihat proporsional. Lampu kabut tak lagi berbentuk lingkaran, sekarang berbentuk persegi panjang. Ciri khas BMW terbaru juga terlihat pada lampu belakang LED yang memiliki motif garis panjang yang justru mengingatkan saya pada lampu belakang Lexus ES terbaru.

Pihak BMW mengatakan dengan desain baru ini membuat interior Seri 1 ini lebih lapang. Penumpang belakang mendapatkan ruang kepala yang lebih lega 19 mm dan ruang kaki yang lebih lega 33 mm. Dan untuk kapasitas bagasinya adalah 380 liter dalam keadaan standar. Dan jika kursi belakang dilipat, maka kapasitasnya menjadi 1.200 liter. Dan untuk pertama kalinya Seri 1 memiliki fitur atap panorama elektrik. Untuk sistem hiburannya, insinyur BMW membenamkan sistem operasi terbaru yang bernama Operating System 7.0. Sistem hiburan tersebut dapat diakses melalui layar sentuh berukuran 10,25 inci pada kokpit tengah. 

Sistem keselamatan juga turut dibenamkan, seperti collision and pedestrian warning dengan city braking function, lane departure warning system dengan active lane return, Active Cruise Control, Lane Change Warning, rear collision warning, dan crossing traffic warning. Lalu ada juga sistem keselamatan yang masuk ke dalam list opsional, seperti Park Distance Control, kamera belakang, dan Park Assistant.

Dan untuk jeroannya, Seri 1 memiliki tiga pilihan mesin diesel dan dua pilihan mesin bensin. Mesin diesel yang tersedia adalah 116d bertenaga 116 hp, pilihan lainnya adalah 118d dan 120d xDrive. Lalu untuk mesin bensin pilihannya adalah 118i dan M135i xDrive. BMW Seri 1 varian M135i memiliki tenaga 302 hp dan mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 4,8 detik. 

Transmisi yang digunakan tergantung BMW Seri 1 yang dipilih. Varian 116d, 118d, dan 118i mendapatkan transmisi manual 6-percepatan sebagai kelengkapan standar. Jika malas untuk memainkan pedal kopling juga terdapat pilihan gearbox otomatis. Tipe 116d dan 118i dapat dipasangkan dengan transmisi kopling ganda otomatis 7-percepatan. Sementara untuk 118d dan 120d xDrive hadir dengan gearbox Steptronic 8-percepatan. Dan untuk tipe M135i hanya mendapatkan transmisi Steptronic 8-percepatan. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter