logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 07 Jul 2019 | 15:08

BMW X3 M 2020 Punya Dua Pilihan Tenaga, 473 HP dan 503 HP.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

BMW memperkenalkan versi peforma tinggi dari X3, X3 M. Ya, setelah berumur satu tahun akhirnya generasi ketiga X3 mendapatkan treatment dari Divisi M yang bertugas menelurkan mobil-mobil kencang dari BMW. 

Sesuai dengan tema mobil sport yang diusungnya, X3 M tampil dengan wajah yang lebih dinamis dan sporty dibandingkan dengan X3 reguler. Gril ginjal kembar khas BMW tak lagi beraksen krom, diganti dengan cat berwarna hitam. Selain itu juga terdapat emblem bertuliaskan 'X3 M' pada gril tersebut. Bumper depan mendapat sedikit revisi dan sekarang memiliki saluran udara yang lebih besar. Pelek yang berukuran 20 inci dilabur warna Orbit Grey. Dan untuk bagian belakangnya terdapat spoiler yang dibuat khsusu oleh Divisi M, diffuser belakang khas mobil balap yang unik, dan empat unit knalpot. Dan untuk varian M Competition yang lebih kencang lagi mendapatkan aksen berwarna hitam gloss pada beberapa bagian, pelek berukuran 21 inci, dan knalpot dengan warna hitam krom.

Melangkah masuk ke kabin X3 M 2020, terdapat jok khas mobil balap yang berlapiskan kulit Vernasca dan setir ala mobil sport yang berbalutkan kulit. Selain itu juga terdapat trim carbon aluminium. Selain itu juga ada panel instrumen dan tuas transmisi khas M dan pada bagian konsol tengah terdapat pad yang berguna untuk mengkases menu-menu pada fitur hiburan yang tersedia. 

Untuk kelengkapan yang akan konsumen dapatkan adalah lampu utama LED adaptif, sistem navigasi, sampai sistem audio buatan Harman Kardon. Dan juga ada fitur pemandu pengemudi yang berguna sepanjang perjalanan, seperti  Active Guard, Active Protection, Active Driving Assistant dan Frontal Collision Warning dengan City collision mitigation. Kelengkapan opsional yang bisa dipilih oleh konsumen adalah trim carbon fiber, head-up display, wireless charging, setir dengan sistem penghangat, dan jok depan dan belakang dengan sistem penghangat.

Dari sisi teknikal, insinyur M fokus pada sasis mobil yang diperkuat. Lalu pihak pabrikan juga memasang penguat bagian belakang yang besar dan control arms pada roda belakang meningkatkan kekakuan torsional. SUV kencang ini juga hadir dengan Active M Differential, Adaptive M Suspension dan M Servotronic Steering System dengan rasio variabel. Untuk menjinakkan lari X3 M ini dipasangkanlah rem peforma tinggi dengan piringan yang memiliki ventilasi. Pada bagian depan piringan cakram memiliki ukuran 395 mm dan 370 mm untuk bagian belakang. 

Lalu mesin apa yang digunakan oleh X3 M ini? Di balik kap mesinnya terdapat jantung mekanis berkapasitas 3.000 cc 6 silinder dilengkapi dengan turbo kembar mampu menghasilkan tenaga 473 hp dan torsi 590 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan. Untuk kemampuan berlarinya, X3 M ini diklaim mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 4,1 detik dan kecepatan maksimumnya adalah 280 km/jam. 

Jika dengan tenaga sekencang itu dirasa masih kurang, konsumen bisa memilih X3 M Competition yang memiliki dapur pacu sama tapi insinyur M melakukan tuning ulang sehingga tenaga yang dimuntahkan lebih besar lagi, yaitu 503 hp dan torsi 598 Nm. Meningkatkan tenaga juga diiringi dengan semakin cepatnya mobil ini berlari. BMW mengumumkan bahwa X3 M Competition mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 4 detik dan kecepatan maksimumnya adalah 284 km/jam. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter