logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 06 Oct 2018 | 21:21

Audi SQ2 2019. SUV Mungil Bertenaga Buas.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Membuat varian peforma tinggi sepertinya menjadi sebuah tradisi buat Audi. Lihat saja semua line up pabrikan asal Jerman tersebut mempunyai varian ‘S’ yang mempunyai tenaga lebih besar. Dan yang terbaru adalah SQ2 yang merupakan varian gahar dari mini SUV mewah Audi Q2.

Tentu saja untuk membedakan dengan Q2 biasa, pihak Audi melakukan beberapa ubahan pada sektor eksterior. Menyesuaikan tema mobil sport yang diusung, tampang SQ2 ini lebih agresif dan sporty. Pada bagian depannya desainer Audi memutuskan untuk mengganti bumper depan dengan desain baru yang lebih sporty dan memiliki saluran udara yang lebih besar, serta kini lampu utamanya sudah menggunakan LED sebagai kelengkapan standar. Sementara itu grilnya juga memiliki motif baru berupa garis-garis vertikal tegas dan dilabur warna hitam. Huruf ‘S’ diletakkan pada gril sebagai identitas bahwa ini adalah varian kencang dari Q2.

Tulisan ‘quattro’ diletakkan pada pintu belakang bertujuan untuk memberikan penjelasan bahwa mobil ini berpenggerak empat roda. Pelek juga hadir dengan motif baru (Audi menyediakan sepuluh macam motif yang bisa dipilih). Untuk bagian belakangnya, desainer Audi hanya mendesain ulang bumper, spoiler, menambahkan jumlah knalpot menjadu empat unit agar tampilan SQ2 semakin gahar, dan lampu belakang yang sudah menggunakan teknologi LED sebagai kelengkapan standar.

Nuansa sporty juga menghiasai bagian dalam SQ2 ini. Audi mengkombinasikan warna merah dan hitam. Jok bergaya sport-nya berlapiskan kulit dengan kombinasi warna merah (bermotif berlian) dan hitam. Roda kemudi hadir dengan bentuk yang lebih sporty dengan bagian bawah yang mendatar. Sayangnya, panel instrumen digital kekinian Audi Virtual Cockpit yang berukuran 12,3 inci hadir sebagai opsional.

Sistem penggerak empat roda quattro-nya bisa menghantarkan torsi sebesar 100% ke roda belakang dalam waktu beberapa milidetik ketika roda depan terdeteksi kehilangan grip. SQ2 menggunakan suspensi khas mobil Audi dengan nama ‘S’ yang membuat SUV mungil ini lebih rendah 20 mm dibandingkan dengan Q2. Setelan suspensi yang disediakan juga lebih banyak. Selain itu pengemudi akan disuguhi lima mode pengendaraan, yaitu auto, comfort, dynamic, efficieny, dan individual.

Untuk mesinnya, SQ2 ini menggunakan unit yang sama dengan S3. Ini artinya dibalik kap mesin Audi SQ2 bersemayam jantung mekanis bensin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder turbocharged mampu memproduksi tenaga sebesar 296 hp dan torsi 400 Nm. Dapur pacunya dipasangkan dengan transmisi S Tronic kopling ganda otomatis 7-percepatan. SQ2 ini diklaim mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam hanya dalam waktu 4,8 detik. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronik, yaitu 250 km/jam.

Audi SQ2 2019 ini rencananya akan mulai dijual di Eropa pada awal tahun 2019 mendatang.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter