logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 11 Jul 2020 | 14:12

Audi Q4 e-tron Sportback Concept. Calon Mobil Listrik Ramah Kantong.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Pada ajang Geneva Motor Show 2019 silam, Audi memperkenalkan mobil konsep terbarunya, Q4 e-tron. Sesuai dengan namanya, SUV kompak yang masih berstatus konsep ini mengandalkan tenaga listrik untuk menggerakannya. Sepertinya pabrikan asal Jerman ini belum puas dengan Q4 yang berwujud SUV. Karena baru-baru ini Audi memperkenalkan versi crossover-nya yang bergaya SUV-coupe berdimensi kompak dengan nama Q4 e-tron Sportback Concept. 

Meskipun mengambil basis Q4, tapi Q4 versi coupe ini memiliki desain eksterior yang sedikit berbeda. Pada bagian depan tim desainer Audi mendesain ulang lampu utamanya. Saluran udara pada bagian depan juga terlihat lebih besar dibandingkan dengan Q4 biasa. Perubahan yang besar terjadi pada bagian belakang dimana pilar C mobil dibuat melandai mengikuti ciri khas sebuah coupe sejati. Lampu belakang LED-nya juga mengalami perombakan sehingga terlihat lebih sporty. Motif pelek juga terlihat baru dengan ukuran 22 inci dan dua warna.

Masuk ke dalam mobil, pengemudi disuguhkan dengan roda kemudi dengan bagian bawah yang rata dan panel instrumen digital. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar berukuran 12,3 inci yang menampilkan berbagai fitur hiburan. Beberapa material interior mobil ini terbuat dari microfiber, lalu ada trim metalik, dan aksen kaca akrilik. 

Audi Q4 e-tron Sportback Concept ini dibekali oleh dua unit motor listrik dan memiliki baterai lithium-ion berkapasitas 82 kWh. Motor listrik bagian belakang merupakan tenaga penggerak utama mobil dengan tenaga 201 hp dan torsi 310 Nm. Dan jika pengemudi membutuhkan tambahan tenaga, maka motor listrik bagian depan akan mengerahkan kekuatan sebesar 101 hp dan torsi 150 Nm. Jadi total tenaga yang dikeluarkan adalah 302 hp. 

Mobil konsep ini diklaim mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 6,3 detik dan kecepatan maksimalnya adalah 180 km/jam. Pihak Audi mengatakan bahwa SUV-coupe kompak ini mampu dibawa berkendara sejauh 450 km. Dan jika pengemudi hanya mengandalkan motor listrik bagian belakang, maka Q4 e-tron Sportback ini bisa menjelajah sejauh 500 km. 

Untuk masalah pengisian ulang baterai, mobil ini bisa dicolokkan ke soket listrik dengan kapasitas sampai 125 kW. Jika menggunakan colokan dengan kapasitas tersebut, maka baterai akan mencapai angka 80% dalam waktu 1,5 jam. 

Rencananya versi produksi dari mobil ini akan dijual pada tahun 2021 bersamaan dengan Q4 reguler. Dengan hadirnya Q4 ini diharapkan bisa menjadi alternatif untuk konsumen yang menginginkan mobil listrik Audi dengan harga yang terjangkau. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter