logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 01 Dec 2019 | 18:41

Audi Q7 2020 Bersolek dengan Tampilan dan Teknologi Baru.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Audi baru saja melakukan penyegaran untuk salah satu lineup SUV andalannya, Q7. Update ini perlu dilakukan karena generasi kedua Q7 ini sudah berumur 4 tahun sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Dan pabrikan mobil asal Jerman ini tidak hanya melakukan facelift pada Q7 reguler saja, tapi juga SQ7 yang memiliki peforma yang lebih kencang.

Pada bagian depan, desainer Audi mendesain ulang lampu utama. LED Daytime Running Lights hadir dengan motif garis-garis vertikal mengikuti tren pada lineup Audi lainnya. Pihak pabrikan menyediakan opsional berupa lampu LED dengen teknologi HD Matrix dan laser. Gril tetap berbentuk trapesium tapi kini motifnya menjadi garis-garis vertikal berlapiskan krom untuk menambah kesan mewah pada mobil. Bumper depan juga mendapatkan desain baru dimana saluran udaranya terlihat lebih kompak dari segi dimensinya. Pada bagian belakangnya, terdapat lampu dengan bentuk dan grafik baru berupa garis-garis vertikal senada dengan lampu utama. Pihak Audi menambahkan lis krom yang memanjang dari sisi kanan sampai kiri mobil dan ditempatkan tepat di bawah lampu belakang.

Untuk model SQ7 yang lebih sporty, pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara Q7 2020 dan SQ7 2020. Pihak pabrikan hanya melakukan perubahan kecil, seperti lampu utama yang bernuansa lebih gelap dan hadirnya emblem 'SQ7' pada gril trapesium bertujuan untuk membedakannya dengan Q7 reguler. Dan untuk bagian belakangnya perbedaan hanya terdapat pada knalpot yang pada SQ7 memiliki empat unit dan berbentuk bulat.

Masuk ke interiornya, maka akan terlihat desain bagian dalam ala Audi masa kini yang serba digital. Di belakang setir yang beredesain baru terdapat panel instrumen digital yang bernama Audi Virtual Cockpit dan menariknya ini adalah kelengkapan standar. Terdapat juga Head Up Display tapi harus membayar biaya ekstra lagi jika menginginkannya. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar yang menampilkan sistem hiburan dan fitur fungsional lainnya yang dalam bahasa Audi bernama MMI (Multi Media Interface). Di bawahnya terdapat layar sentuh juga yang berguna untuk mengatur sirkulasi AC.

Kini mid-size SUV ini sudah dilengkapi dengan all-wheel steering. Sistem ini memungkinkan roda belakang untuk membelok sampai dengan 5 derajat berlawanan dengan roda depan pada saat kecepatan rendah. Dan pada saat kecepatan tinggi maka roda belakang akan membelok ke arah yang sama dengan roda depan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan stabilitas mobil. Dan kini Q7 juga sudah dilengkapi dengan suspensi udara. Terdapat pilihan tambahan berupa Electromechanical Active Roll Stabilization. Sistem ini dapat mengurangi guncangan badan mobil saat melewati jalan yang tidak rata yang lurus. Dan pada saat mobil menikung, sistem ini dengan sigap akan mengurangi terjadinya body roll secara signifikan.

Untuk mesinnya, Q7 ditawarkan dalam mesin bensin dan diesel. Untuk mesin bensin hanya terdapat unit berkapasitas 3.000 cc bertenaga 335 hp. Sementara untuk mesin diesel juga mendapatkan dapur pacu yang sama, yakni 3.000 cc tapi memiliki dua pilihan tenaga, 228 hp dan 282 hp. Semua mesin tersebut dipasangkan dengan gearbox otomatis Tiptronic 8-percepatan. Dan untuk penggeraknya adalah all wheel drive permanen dan sudah dilengkapi dengan sistem kelistrikan 48 Volt. Dan untuk SQ7 hanya memiliki jantung mekanis diesel berkubikasi 4.000 cc V8 dilengkapi dengan kompresor elektrik. Tenaga yang disemburkan adalah 429 hp dan torsi 900 Nm. Untuk transmisi dan sistem penggeraknya sama persis dengan Q7 biasa. Pihak Audi mengatakan bahwa nantinya Q7 juga akan mempunyai varian plug-in hybrid.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter