logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 16 Jun 2019 | 20:35

Aston Martin AM-RB 003 Concept Bawa Teknologi Pesawat Terbang dan F1. Dirilis pada 2021.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Seperti yang kita ketahui produsen mobil asal Inggris, Aston Martin (AM) sudah mempunyai lineup hypercar yang bernama Valkyrie. Namun terdapat segmen kosong yang belum diisi antara Valkyrie dengan mid-engine compact supercar yang akan datang, Vanquish. Oleh karena itu AM memperkenalkan Project 003 atau lebih dikenal dengan nama AM-RB 003. Sampai saat ini mobil ini masih berstatus konsep.

Dan ini merupakan proyek lanjutan antara AM dengan RedBull (RB) (makanya nama sementara monil ini adalah AM-RB 003). Angka 003 sendiri merujuk pada seri proyek yang mereka kerjain setelah sebelumnya, 001 (Valkyrie) dan 002 (Valkyrie AMR Pro yang merupakan versi balap dari Valkyrie). 

Untuk sisi visual, antara 003 dengan Vanquish Vision terlihat mirip. Pada bagian depannya sama-sama mempunyai lampu utama berbentuk oval. Untuk membedakannya dengan saudaranya yang berukuran lebih kecil, desainer AM memberikan saluran udara pada kap depan. Bumper depan dan front splitter juga hadir dengan desain yang berbeda. Sementara itu untuk bagian belakangnya terlihat simpel dengan diffuser belakang yang besar.

Jika dibandingkan dengan Valkyrie, mobil yang digosipkan akan bernama Valhalla ini akan mempunyai kabin yang lebih praktis. Konsol tengah terlihat lebih besar membuat jarak antara pengemudi dan penumpang cukup lega. Di belakang kursi juga terdapat ruang untuk menyimpang setidaknya satu koper. Dan juga terdapat beberapa tempat penyimpanan untuk ponsel dan dompet. 

003 akan hadir dengan sistem yang bernama Nexcel yang memungkinkan proses pergantian oli mesin berlangsung kurang dari 90 detik. Teknologi ini awalnya hanya ada pada AM Vulcan yang merupakan mobil balap. Dan 003 merupakan mobil jalan raya pertama yang mengadopsi teknologi tersebut. Sama seperti Valkyrie, coupe ini hadir dengan sasis dan struktur badan yang seluruhnya terbuat dari carbon fiber. Beberapa teknologi pada 003 ini dicomot dari Valkyrie, seperti suspensi aktif dan teknologi kelistrikan. 

Menariknya, ada teknologi pesawat terbang dibawa ke dalam tubuh mobil ini. Teknologi tersebut bernama FlexFoil. Menurut NASA, FlexFoil memungkinkan mobil mengubah downforce tanpa harus memodifikasi sudut fisik semua elemen yang ada. Dan AM-RB 003 adalah mobil pertama didunia yang menggunakan teknologi tersebut. 

Untuk tenaga pendorongnya, pihak AM sudah mengumumkan bahwa supercar ini akan menggendong jantung mekanis V6 ditemani dengan turbo dan dikombinasikan dengan teknologi hybrid. Tenaga yang dihasilkan diperkirakan akan mencapai angka 1.000 hp. Dan untuk transmisinya adalah otomatis kopling ganda yang terinsipirasi dari teknologi F1. Gearbox tersebut mempunyai 8-percepatan. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter