logo

bg-h4-whiteKolumnis

Minggu, 12 Nov 2017 | 14:35

Toyota Concept-i Ride. Mobil Mungil Ramah Kaum Disabilitas

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Selain terkenal dengan mobil kecilnya, Jepang juga dikenal dengan produsen mobilnya yang ramah dengan orang-orang yang disabilitas. Beberapa line up dari masing-masing pabrikan mobil bahkan mempunyai varian khusus untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan secara fisik. Dan tren seperti ini harus dipertahankan sampai kapanpun. Jangan sampai berakhir.

Hal ini disadari oleh Toyota dimana kebutuhan orang-orang berkebutuhan khusus akan tetap ada di masa depan. Pabrikan mobil asal Jepang tersebut baru saja memperkenalkan mobil konsep terbarunya yang ramah terhadap kaum disabilitas, yakni Concept-i Ride.

Untuk memudahkan akses keluar dan masuk mobil, Toyota mengaplikasikan pintu model gullwing dan kursi yang dapat bergeser untuk memudahkan akses pengguna mobil yang biasa memakai kursi roda. Pengoperasian kursi juga sudah didesain untuk memudahkan pengguna menyimpan kursi roda di bagian belakang. Selain itu tujuan menggunakan pintu model sayap burung camar ala mobil-mobil sport eksotis bukan untuk gaya, tapi untuk memudahkan mengeluarkan atau memasukkan kursi roda.

Duduk di dalam Concept-i Ride sebagai pengemudi, Anda tidak akan menemukan setir dan pedal konvensional. Semua hal konvensional tersebut digantikan dengan joystick sehingga Anda cukup memainkan tangan saja. Ya, karena konsumen yang disasar adalah kaum disabilitas yang mayoritas mempunyai masalah dengan kaki, maka pihak Toyota meniadakan pedal dan setir agar mobil lebih mudah dikendalikan.

Insinyur Toyota membenamkan panel instrumen yang lebar. Ini berfungsi untuk menampilkan informasi tentang keadaan mobil dan multimedia. Mobil yang memuat dua penumpang ini juga dilengkapi dengan sistem otonom dan asisten pengemudi. Toyota Concept-i Ride bertenaga listrik yang mempunyai jarak tempuh sejauh 100-150 km jika baterai dalam keadaan penuh.  

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter