logo

bg-h4-whiteKolumnis

Jumat, 27 Oct 2017 | 23:36

Toyota Tj Cruiser Concept Gabungkan Ketangguhan SUV dengan Kepraktisan MPV

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Ajang pameran mobil dua tahunan, Tokyo Motor Show mempunyai ciri khas, yakni dipenuhi dengan kendaraan-kendaraan kecil buatan produsen tuan rumah sampai dengan mobil-mobil konsep dengan tampilan dan teknologi yang nyeleneh. Tak terkecuali untuk gelaran tahun ini yang dibuka pada 27 Oktober ini. Salah satu produsen mobil tuan rumah yang baru saja mengumumkan mobil konsep terbarunya adalah Toyota.

Pabrikan mobil yang bermarkas di Aichi, Jepang ini memperkenalkan Tj Cruiser Concept. Nama Tj sendiri bukan muncul begitu saja tanpa ada artinya. Huruf 'T' disini merupakan kependekan dari 'Toolbox'. Sementara 'j' adalah singkatan dari 'joy'. Mobil konsep ini dibuat untuk Anda yang sering mensinergikan antara pekerjaan dengan hobi di alam bebas. Melalui mobil ini Toyota mencoba untuk menggabungkan antara kepraktisan sebuah MPV dan ketangguhan khas sebuah SUV. Hasilnya adalah mobil dengan wujud MPV dengan gaya SUV yang gagah.

Desain ekterior Tj Cruiser sangat boxy. Bagian depannya Anda akan melihat wajah yang kaku dikombinasikan dengan lampu utama yang berbentuk lingkaran dan gril yang bermotif huruf 'X'. Dari samping Anda akan melihat rumah roda yang menggembung akan memberikan kesan berotot pada mobil ini. Untuk bagian belakang, desainer Toyota memberikan bahasa desain yang sama persis dengan bangian moncong. Ini terlihat dari lampu belakang yang juga berbentuk bulat. Menurut Toyota, bagian kap mesin, atap, dan fender menggunakan lapisan material khusus mampu 'menangkis' goresan dan kotoran, bahkan ketika ada benda yang mengenai ketiga elemen ekterior tersebut.

Untuk memudahkan akses keluar-masuk mobil Toyota menggunakan pintu geser yang dapat membuka atau menutup otomatis bagi penumpang belakang. Semua kursi penumpang depan dan belakang dapat dilipat rata dengan lantai. Hasilnya Anda dapat memuat barang dengan panjang sampai 3 meter ke dalam mobil, seperti sepeda atau papan seluncur. Untuk desain panel isntrumen dan dashboard pada bagian depan tampak realistis untuk sebuah mobil produksi massal. Bukan tak mungkin Toyota akan membawa Tj Cruiser ke dalam pabrik untuk dijual nantinya jika respon masyarakat positif.

Untuk spesifikasi mesinnya pihak Toyota hanya mengatakan bahwa mobil ini menggendong jeroan berkapasitas 2.000 cc dan 'dikawinkan' dengan sistem hybrid.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter