logo

bg-h4-whiteKolumnis

Jumat, 13 Oct 2017 | 21:36

Toyota Pertahankan Eksistensi Land Cruiser Prado

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Toyota Land Cruiser Prado adalah varian yang lebih kompak dan terjangkau dari Land Cruiser reguler. Tapi SUV kelas menengah ini tetap mempunyai kemampuan off-road yang sama dengan kakaknya yang legendaris. Dan Toyota baru saja memperkenalkan generasi terbaru Prado di Eropa untuk menggantikan generasi keempat yang sudah ada di pasar selama 8 tahun dengan tampilan yang mulai uzur.

Pembaruan ini perlu dilakukan selain agar tetap unggul dibanding rivalnya dan menjaga eksistensi, juga supaya SUV ini tetap klop dengan aturan-aturan yang berlaku. Apalagi Prado ini adalah pemimpin di kelasnya di beberapa Negara Eropa.

Sama seperti generasi terdahulu, Prado generasi kelima ini tetap tampil berkarakter dan gagah. Lampu utamanya kini berbentuk persegi panjang dan pada bagian bawahnya ada LED Daytime Running Lights yang tipis. Gril-nya hadir dengan motif yang unik dan sepertinya desainer Toyota terinspirasi dari Prado facelift. Hal yang patut disayangkan adalah lampu kabut yang dimensinya terlalu kecil sehingga hampir tidak terlihat.

Pada kap mesin SUV baru ini ada garis-garis tegas dengan efek gelombang sehingga Prado terlihat gagah. Dari samping Anda akan melihat garis body mobil yang sama persis dengan  generasi sebelumnya. Lampu belakangnya masih mempertahankan bentuk yang sama. Tapi desainer Toyota memberikan teknologi LED dan lampu sein serta lampu mundur yang terlihat sangat kecil.

Bagian dalamnya juga dilakukan perubahan. Kita bisa melihat setir palang empat baru dan ada aksen kayu, dasbor baru, panel instrument baru, dan pada kokpit tengah Toyota menempatkan layar berukuran 8 inci untuk sistem multimedia.

Di balik kap mesinnya, bersemayam mesin bensin berkapasitas 2.700 cc bertenaga 161 dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Pilihan lainnya adalah 4.000 cc yang bertenaga 249 hp dan bertransmisi otomatis 6-percepatan. Untuk yang penggemar diesel, ada dapur pacu 4 silinder turbo dengan kapasitas 2.800 cc mampu menyemburkan tenaga 177 hp dan memiliki gearbox manual atau otomatis 6-percepatan.

Untuk konsumen Eropa dan Australia akan bisa memilih Prado 3 pintu atau lima pintu, sepuluh warna eksterior, dan tiga kombinasi interior. Versi mewahnya yang berlogo Lexus GX tampaknya akan memulai debutnya akhir tahun ini atau tahun depan. 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter