logo

bg-h4-whiteKolumnis

Selasa, 26 Dec 2017 | 14:54

Lamborghini Kembali Masuk Segmen SUV dengan Mengandalkan Urus 2018

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Memproduksi sebuah SUV bukanlah hal yang asing untuk produsen mobil super asal Italia, Lamborghini. Ya, pada tahun 1986 sampai 1993 Lambo pernah memproduksi sebuah SUV super bernama LM002 yang menggunakan mesin V12 berasal dari saudaranya, Countach. Bahkan sebelum memasarkan LM002, Lamborghini membuat dua prototipe SUV yang bernama Cheetah dan LM001 pada tahun 1977 dan 1981.

Jadi begitu tersiar kabar bahwa pabrikan berlogo banteng mengamuk ini akan merilis SUV, saya tak terlalu terkejut. Nama Lambo SUV baru ini adalah Urus. Nama tersebut bukanlah diambil dari bahasa Indonesia, melainkan itu adalah sebuah nama hewan sejenis banteng yang sudah punah. Lamborghini tak akan pernah lepas dari banteng.

Menariknya, desain eksterior Urus tak mirip sama sekali dengan line up Lamborghini yang dijual saat ini. Bagian depannya, Anda tak akan menemukan lampu segitiga Aventador atau Huracan. Lampu utama SUV baru ini berbentuk lonjong dengan LED Daytime Running Lights yang mirip dengan huruf ‘Y’ khas Lamborghini saat ini. Saluran udara berukuran besar untuk memberikan sirkulasi udara segar yang cukup ketika mesin bekerja. Wajah Lambo Urus ini secara keseluruhan tampak agresif dan bengis.

Sama seperti bagian depannya, nyala lampu belakang SUV ini membentuk huruf ‘Y’. Untuk menambah kesan sporty, ditambahkan diffuser belakang dan empat buah knalpot. Mobil ini juga tampak berotot berkat rumah roda yang gembung. Dan agar tampak artistic, Lamborghini menambahkan aksen berupa pahatan garis tegas di beberapa bagian body mobil.

Memasuki bagian dalam akan terlihat perpaduan elemen kemewahan dengan sporty. Lambo Urus juga mendapatkan desain interior heksagonal layaknya model Lamborghini lainnya. Setir palang tiganya sudah dilengkapi dengan peredam getaran. Untuk sistem hiburannya, Urus mengandalkan LIS yang ditampilkan melalui layar TFT di kokpit tengah. Sistem ini sudah kompatibel dengan ponsel Android dan iOS buatan Apple. Sebagai kelengkapan standar, mobil ini sudah dilengkapi dengan 8-speaker (tersedia speaker buatan Bang & Olufsen dengan kemampuan suara 3D sebagai opsional). Kapasitas bagasinya mencapai 616 dalam keadaan standar. Jika kursi belakang dilipat maka akan bertambah menjadi 1.596 liter.

Karena ini adalah SUV, maka insinyur Lamborghini menempatkan mesin pada bagian depan. Dapur pacu yang dibenamkan adalah V8 berkapasitas 4.000 cc dilengkapi dengan turbo kembar. Tenaga yang sanggup disemburkan adalah sebesar 641 hp dan torsi 850 Nm. Mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,6 detik dan 200 km/jam dalam waktu 12,8 detik. Dan kecepatan maksimumnya adalah 305 km/jam. Untuk transmisinya mengandalkan electro-hydraulically 8-percepatan otomatis.

Ketika berkendara, Anda dapat memilih enam mode pengendaraan, yaitu Strada, Sport, Corsa, Neve (salju), Terra (off-road), dan Sabbia (pasir). Menariknya, pihak Lamborghini menyediakan satu tambahan mode pengendaraan yang bisa kita setting sesuka hati, Ego. Anda yang memiliki Lamborghini baru tentu tak asing dengan tiga mode pengendaraan pertama yang akan mengoptimalkan peforma kendaraan di jalanan biasa dan berbagai model pengendaraan yang sporty. Sementara mode pengendaraan Neve, Terra, dan Sabbia jika diaktifkan akan menaikkan sasis mobil secara otomatis untuk mendukung peforma di medan yang buruk.

Lamborghini Urus 2018 ini akan mulai dijual pada musim semi 2018 mendatang. 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter