logo

bg-h4-whiteKolumnis

Minggu, 10 Dec 2017 | 21:52

Nautilus 2019 Menandakan Perubahan Strategi Penamaan Lincoln

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Selama ini Lincoln dikenal menggunakan nama untuk setiap line up. Aviator, Navigator, Zephyr, sampai yang legendaris Continental adalah sedikit contohnya. Tapi pada dekade 2000-an, divisi mobil mewah Ford ini memutuskan merubah sistem penamaan menjadi singkatan ‘MK’ untuk beberapa modelnya. Tapi sepertinya manajemen perusahaan mobil asal Amerika Serikat (AS) kembali menggantinya dengan menggunakan nama seperti dulu.

Dan Lincoln MKX adalah ‘korban’ pertama. Ya, crossover kelas menengah ini diganti namanya menjadi Nautilus. Tidak hanya merubah nama saja, pihak Lincoln juga melakukan facelift. Sama seperti saudaranya yang berukuran lebih kecil, Nautilus mendapatkan sentuhan wajah baru dimana desainer Lincoln mengaplikasikan bahasa desain baru perusahaan tersebut. Ya, tidak ada lagi gril yang terpisah dan lampu utama yang kecil. Ini digantikan dengan sebuah gril berbentuk persegi panjang dengan aksen krom dan lampu utama LED yang lebih besar. Hasilnya, jika melihat mobil ini dari depan mengingatkan pada generasi terbaru Lincoln Continental.

Pada pilar A, terdapat emblem bertuliskan ‘Nautilus’ yang berlapiskan krom untuk menegaskan bahwa SUV ini telah berganti nama. Lampu belakang mid-size crossover ini juga turut dimodifikasi dan hasilnya Nautilus terlihat lebih elegan.

Memasuki kabinnya, pengemudi mendapatkan setir palang empat dengan desain baru. Yang dilapisi kulit lengkap dengan cetakan jahitannya. Panel instrumen juga hadir dengan tampilan baru yang lebih interaktif. Untuk pengemudi dan penumpang depan ada pilihan jok Ultra Comfort yang dapat di-setting sampai 22 cara. Sama seperti Lincoln MKC, Nautilus juga mendapatkan sistem hiburan terbaru SYNC 3 yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Jika konsumen menginginkan varian yang lebih mewah, Lincoln menawarkan tipe Black Label. Dengan membeli tipe ini konsumen akan mendapatkan keanggotaan dengan segudang keuntungan. Selain itu untuk Nautilus, Lincoln menawarkan tiga pilihan tipe yang terdapat ciri khas pada eksterior dan interiornya.

Pilihan pertama bernama Chalet yang kabinnya dilapisi kulit Alpine Venetian berwarna Espresso dan beraksen Silverwood. Tipe yang kedua adalah Thoroughbred yang terinspirasi dari gaya hidup para penikmat balapan kuda. Pada tipe ini konsumen akan mendapatkan kulit Rich Venetian dengan aksen Alcantara, Jet Black, dan kayu Maple Chili. Dan yang terakhir adalah Gala yang terilhami dari acara Met Gala yang diselenggarakan di New York. Pada varian ini Lincoln membenamkan kulit Carmine, Onyx, dan aksen Alcantara pada langit-langit mobil. Selain itu juga terdapat sentuhan aluminium pada beberapa bagian interior.

Untuk fitur keselamatan yang ditawarkan cukup lengkap untuk mobil ini, yakni cruise control adaptif, Pre-Collision Assist dengan sistem pendeteksi pejalan kaki, Blind Spot Information System, lane-departure warning, active park assist, dan masih banyak lagi.

Jantung mekanis yang digendong oleh Nautilus adalah EcoBoost berkapasitas 2.700 cc yang bertenaga 335 hp. Insinyur Lincoln memperkenalkan pilihan mesin baru, yaitu EcoBoost berkapasitas 2.000 cc 4 silinder yang menyemburkan tenaga 245 hp. Kedua mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Dapur pacu tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem Auto Start-Stop sebagai kelengkapan standar.

Lincoln Nautilus 2019 rencananya mulai dijual pada musim panas 2018 mendatang di AS. 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter