logo

bg-h4-whiteKolumnis

Selasa, 10 Jan 2017 | 23:03

Kia Stinger 2018 adalah Coupe 4 Pintu Pertama dari Negeri Ginseng

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Ajang pameran mobil awal tahun, Detroit Auto Show akhirnya dibuka. Salah satu mobil yang ditunggu-tunggu untuk diperkenalkan adalah sebuah coupe empat pintu pertama dari perusahaan mobil asal Korea Selatan, Kia. Ya, setelah menyebarkan video teaser dan foto resminya sempat bocor, akhirnya Kia membuka selubung model terbarunya, Stinger 2018.

Boleh dibilang Kia Stinger ini adalah mobil kekinian. Karena banyak perusahaan mobil yang menjual spesies serupa dan sukses. Mobil empat pintu ini dibuat untuk melawan Audi A4, Audi A5, BMW Seri 3, dan BMW Seri 4 Gran Coupe.

Desainer Kia benar-benar bekerja keras dalam mengembangkan Stinger ini dan hasilnya tidak percuma. Mobil ini tampil sporty dan juga mewah. Bagian depannya terdapat gril khas pabrikan Korea, Tiger Nose berpadu dengan empat buah lampu utama dan empat buah LED Daytime Running Lights yang membentuk huruf L. Kesan sebagai mobil sport semakin terlihat berkat saluran udara pada bumper depan yang diposisikan vertikal.

Jika Anda memandangi Stinger dari samping, maka Anda akan melihat elemen sebuah mobil sport lainnya berupa side air intake pada pilar A. Selain itu pilar C yang melandai membuktikan jati dirinya sebagai coupe empat pintu. Sementara itu bentuk lamnpu belakangnya secara sekilas terlihat mirip dengan Audi A7. Bedanya lampu sein dan lampu mundur dikelilingi oleh lampu rem yang sudah menggunakan LED. Uniknya, garis lampu belakangnya terlihat mulai dari bagian samping mobil. Kehadiran empat buah knalpot menambah kesan dinamis pada Stinger.

Untuk urusan interior Anda tak perlu ragu lagi. Karena mobil-mobil Kia terbaru kabinnya sudah terkenal bagus, termasuk Stinger ini. Dimensi Kia Stinger ini adalah 4.831 mm untuk panjang, 1.869 mm untuk lebar, dan wheelbase 2.905 mm.

Tak hanya desainernya, para insinyur Kia juga memeras keringat dalam mengembangkan mobil ini agar tak diremehkan oleh rivalnya yang berasal dari Jerman. Pengembangan sasis Stinger dilakukan di Eropa dan menjadikan sirkuit Nürburgring, Jerman dan dipimpin oleh Albert Beirmann selaku wakil presiden eksekutif untuk pengetesan kendaraan.

Stinger juga menjadi Kia pertama yang memperoleh fitur ride-damping yang bisa disesuaikan secara elektronik melalui sistem bernama Dynamic Stability Damping Control. Dan electronic power steering-nya bisa diatur melalui lima mode pengendaraan. Dan untuk sistem keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan Forward Collision Assistance (FCA) yang terintegrasi dengan Autonomous Emergency Braking (AEB) dan sistem yang mempu mendeteksi pejalan kaki, Lane Keep Assist, dan masih banyak lagi.

Di balik kap mesinnya, Kia Stinger ini mempunyai dua pilihan mesin. Yang pertam adalah 2.000 cc 4 silinder dilengkapi dengan turbocharged memproduksi tenaga sebesar 255 hp dan torsi sebesar 352 Nm. Dan varian teratasnya saat ini adalah V6 berkapasitas 3.300 cc dilengkapi dengan turbocharged mampu menyemburkan tenaga 365 hp dan torsi 494 Nm. Untuk versi V6 pihak Kia mengklaim bahwa mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 5,1 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 269 km/jam.

Kia Stinger 2018 akan mulai dijual di Amerika Serikat musim panas ini.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter