logo

bg-h4-whiteKolumnis

Minggu, 17 Sep 2017 | 21:05

Kia Proceed Concept Hadir dengan Memory Bank

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Ketika berkunjung ke booth Kia, mobil yang harus dilihat pertama kali adalah kendaraan konsep terbarunya yang bernama Proceed. Meskipun hampir semua orang lebih tertarik melihat Mercedes-AMG Project One, bukan berarti mobil berkelir merah ini tak layak untuk dilihat secara seksama. Layaknya mobil konsep lainnya produsen mobil asal Korea Selatan juga membenamkan beberapa teknologi terbarunya.

Kia Proceed Concept ini datang dengan lekuk body yang menyerupai sebuah station wagon. Tapi pihak pabrikan menyebutnya sebagai extended hatchback. Dari sisi desain eksterior, Anda dapat dengan mudahnya menebak ini sebagai sebuah Kia. Lampu utamanya hadir dengan bentuk lonjong yang mengingatkan kita pada Kia Stinger GT. Gril Tiger Nose khas Kia berwarna hitam dengan garis-garis tegas dan logo bertuliskan ‘GT’ menandakan bahwa ini adalah mobil kencang dari produsen yang berkantor pusat di Seoul tersebut.

Pada bagian bumper depan terdapat garis-garis tegas yang ‘ramai’ membuat Proceed tampak agresif. Mobil konsep ini datang dengan garis body bergaya coupe dan pilar C yang melayang. Ban berukuran 20 inci membuat mobil lima pintu ini tampak gagah. Lampu belakang mobil ini tampak simpel dengan satu tarikan garis saja.

Hal yang menarik dari mobil ini adalah warnanya. Memang jika dilihat tidak ada yang istimewa dengan kelir Lava Red tersebut. Tapi sebenarnya ini telah melalui proses yang cukup kompleks. Warna merah tersebut merupakan hasil proses pengecatan selama satu minggu dengan kombinasi warna hitam dengan 19 lapisan, efek krom berwarna hitam, dan pernis berwarna merah agar terlihat glossy dan berkilau. Cat khusus tersebut mampu membuat Proceed Concept tampak lebih montok dan sensitif terhadap perubahan cahaya.

Bagian dalamnya juga dilabur dengan warna Lava Red persis dengan warna eksteriornya. Beberapa elemen seperti setir, panel instrumen, layar multimedia, dan dasbor dikelir warna hitam. Trim pintu dilapisi oleh kain mengkilap yang diwarnai dengan tangan. Sementara itu seluruh kursi dibungkus dengan kain elastane hitam dengan panjang lebih dari 100 meter. Kain tersebut dibentuk secara khusus dengan tangan agar tercipta motif bergelombang.

Mobil yang merupakan preview dari generasi penerus Kia Cee’d ini mampu menampung empat orang sekaligus. Pengemudi bisa memilih tiga mode pengendaraan yang menariknya juga divisualisasikan melalui warna. Mode pengendaraan yang bisa dipilih, yaitu GT (akan muncul warna Lava Red), Eco (akan muncul warna Forest Green), dan Autonomous (akan muncul warna Ghost White).

Fitur menarik yang dibenamkan ke dalam tubuh mobil ini adalah Memory Bank. Ini tidak berkaitan dengan tempat penyimpanan gelas atau hal lainnya, tapi ini adalah aroma khas dunia otomtoif yang tersimpan di dalam dasbor. Menurut pihak Kia terdapat tiga aroma yang cukup menarik, yaitu aroma kulit tua, aroma oli dari garasi yang merupakan rumah untuk mobil klasik, dan bau bahan bakar beroktan tinggi yang akan mengingatkan kita pada mobil balap. 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter