logo

bg-h4-whiteKolumnis

Minggu, 09 Jul 2017 | 22:14

Kia Stonic Compact Crossover Kembaran Hyundai Kona

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah minggu lalu saya membahas mengenai Hyundai Kona, crossover kompak pertama dari Hyundai, maka sekarang giliran saudara kandungnya, Kia Stonic. Sama seperti Kona, Stonic dipersiapkan untuk melawan Honda HR-V, Jeep Renegade, Nissan Juke, sampai Toyota C-HR. Dan bukan tidak mungkin juga akan menjadi rival serius untuk Hyundai Kona sendiri. 


Meskipun Kona dan Stonic berbsaudara, tapi untuk desain eksteriornya sangat berbeda. Jika desainer Hyundai lebih berani dalam mengembangkan desain Kona, maka desainer Kia lebih memilih bermain aman. Pada bagian depannya terdapat lampu utama berbantuk lonjong ditemani dengan LED Daytime Running Lights yang berbentuk huruf L. Gril khas Kia bernama Tiger Nose juga hadir pada mobil ini. Untuk menambah kesan gagah, pihak pabrikan menambahkan plastic cladding di sekujur badan mobil. 


Pada bagian belakangnya, kita akan melihat desain yang lebih simpel dibandingkan dengan Kona yang ‘ramai’. Lampu belakangnya berbentuk trapesium terbalik dengan lampu rem membentuk huruf U, sementara lampu sein dan lampu mundur ‘terperangkap’ oleh lampu rem. Pada bumper belakang terdapat lampu reflektor dan lampu kabut belakang. Menariknya, Stonic hadir dengan warna dual-tone sebagai standar. Dan konsumen bisa memilih dua puluh kombinasi warna yang tersedia.


Untuk fiturnya, mobil ini sudah dipersenjatai dengan berbagai sistem canggih seperti Autonomous Emergency Braking dengan pedestrian recognition dan Forward Collision Alert, Blind Spot Detection dengan Rear Cross Traffic Alert, dan Lane Departure Warning System. 


Kia Stonic ini memiliki pilihan mesin bensin dan diesel. Untuk mesin bensinnya, konsumen bisa memilih jantung mekanis berkapasitas 1.000 cc turbo yang sanggup menyemburkan tenaga 120 hp. Pilihan lainnya adalah 1.250 cc dan 1.400 cc naturally-aspirated. Sementara itu untuk pilihan diesel hanya terdapat pilihan mesin berkapasitas 1.600 cc. 

 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter