logo

bg-h4-whiteKolumnis

Kamis, 11 Jan 2018 | 22:40

Hyundai Nexo 2019 Mobil Hidrogen dengan Jarak Tempuh 500 KM

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Ajang tahunan Consumer Electronic Show (CES) edisi 2018 baru saja dibuka. Pada pameran ini kita akan melihat berbagai teknologi terbaru yang siap menjadi tren pada tahun ini dan masa depan. Produk yang ditampilkan juga bermacam-macam seperti ponsel pintar, laptop, robot, sampai TV. Pabrikan otomotif juga tak ketinggalan memperkenalkan teknologi terbarunya kepada masyarakat dunia.

Hyundai adalah salah satu pabrikan mobil yang memamerkan produk terbarunya di ajang CES ini. Mobil yang diperkenalkan adalah Nexo. Lalu apa yang istimewa dari mobil berwujud compact crossover ini? Mobil ini bertenaga hidrogen sehingga tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali alias nol. Crossover kompak ini ditenagai oleh sebuah motor listrik bertenaga 160 hp dan menghasilkan torsi sebesar 394 Nm. Peforma mobil ini termasuk lumayan buktinya mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 9,5 detik saja. Dan jarak tempuh yang bisa dicapai adalah sejauh 595 km.

Hyundai Nexo ini dikembangkan di atas platform yang benar-benar baru sehingga hasilnya mobil ini lebih ringan, lebih cepat, dan lebih lega dibadingkan dengan Tucson FCV. Untuk soal desain eksterior desainer Hyundai menjadikan FE Concept sebagai basisnya. Bagian moncongnya kita bisa melihat kemiripan lampu utama antara Nexo dengan FE Concept. Tapi pihak pabrikan memperbesar dimensi lampu utamanya dan kini dilengkapi dengan LED Daytime Running Lights. Penempatan dan bentuk lampu kabut terlihat mirip dengan Hyundai Kona yang baru saja diperkenalkan tahun lalu.

Jika bagian depannya terlihat kece, tidak untuk bagian belakangnya. Lampu belakang LED-nya berbentuk segitiga malah terlihat aneh. Pada bumper belakang diberikan aksen berupa pahatan garis tegas.

Bagian dalamnya Hyundai menyebutnya dengan nama Intelligent Personal Cockpit. Fitur menarik yang dibenamkan adalah sistem AI yang mampu mengenali suara. Panel instrumennya memanjang sampai dengan kokpit tengah. Meskipun mobil ini sudah siap dijual, tapi kabinnya masih terlihat futuristik.

Nexo adalah mobil pertama Hyundai yang dilengkapi dengan sistem Lane Following Assist. Sistem ini memungkinkan untuk menyesuaikan secara otomatis agar mobil tetap di jalurnya. Selanjutnya ada Highway Driving Assist yang menggunakan sensor dan peta untuk menyesuaikan kecepatan mobil secara otomatis.

Hyundai Nexo 2019 ini rencananya akan dijual di beberapa Negara tahun ini juga. 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter