logo

bg-h4-whiteKolumnis

Minggu, 16 Jul 2017 | 15:25

Hyundai i30 N Sebarkan Ancaman untuk VW Golf GTI

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, baru saja memperkenalkan model terbarunya, i30 N. Ini merupakan varian yang ditunggu-tunggu oleh pecinta otomotif dunia karena merupakan model high performance pertama dari Hyundai. Melalui i30 N juga menjadi ajang pembuktian Hyundai bahwa mereka adalah produsen mobil yang patut diperhitungkan juga di segmen mobil kencang yang cukup populer di Eropa, terutama kelas hot hatchback.

 Hyundai i30 N ini menyasar VW Golf GTI sebagai rival utamanya. Selain itu juga hot hatch Korea juga harus berhadapan dengan Ford Focus ST, Renaultsport Megane, sampai SEAT Leon Cupra. Lalu banyak yang bertanya perihal kepanjangan dari huruf ‘N’ yang akan menjadi varian peforma tinggi Hyundai nanti. Menurut Hyundai ‘N’ merupakan kependekan dari Namyang yang merupakan tempat mobil ini ‘dilahirkan’, dan Nurburgring dimana mobil ini diuji coba untuk menjadi sebuah hatchback yang cepat dan terbaik di kelasnya.

Untuk segmen hot hatchback, mesin adalah segalanya. Oleh karena itu insinyur Hyundai membenamkan mesin T-GDI berkapasitas 2.000 cc sudah dilengkapi dengan turbo dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 246 hp. Jika tenaga tersebut dirasa masih kurang, pihak pabrikan menyediakan Performance Package dengan tenaga sebesar 271 hp. Hyundai mengatakan bahwa i30 N ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 6,4 detik untuk varian standard an 6,1 detik untuk tipe Performance Package. Di atas kertas, i30 N mempunyai tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan dengan rival utamanya, VW Golf GTI (217 hp untuk varian standard dan 227 hp untuk Performance Package).

Tak berhenti sampai disitu saja, Hyundai juga melakukan upgrade sasis i30 dan kini hadir dengan suspensi adaptif yang bisa diaktifkan melalui lima mode pengendaraan, yaitu: Eco, Normal, Sport, N, dan N Custom. Pengemudi juga bisa mengubah parameter mesin, menonaktifkan Electronic Stability Control (ESC) agar pengalaman pengemudi yang lebih mengasyikkan dan menantang, menyetel suara mesin dengan dua pilihan, dan lain sebagainya.

Jika Anda memilih varian Performance Package maka akan mendapatkan pelek berukuran 19-inci yang diibungkus ban Pirelli P-Zero, brake disc yang lebih besar dengan kaliper berwarna merah, Electronic Limited-Slip Differential agar tenaga yang disalurkan lebih melimpah, dan Variable Exhaust Valve System yang memungkinkan pengemudi memilih suara mesin lebih dari dua pilihan.

Hyundai mengatakan bahwa i30 N dikembangkan tidak hanya untuk menjadi yang tercepat di sirkuit, tapi juga menjadi sebuah mobil yang asyik untuk dikendarai. Pihak pabrikan juga menambahkan mobil lima pintu ini juga dapat diandalkan untuk menjadi mobil sehari-hari.

Bagian interiornya didesain ulang agar sesuai dengan tema mobil sport yang diusung. Setir palang tiga begaya sport, tuas transmisi dengan desain baru, panel instrumen khas mobil sport dengan indikator untuk perpindahan gigi yang tepat diantara speedometer dan takometer, dan tentu saja jok sporty juga hadir. Huruf ‘N’ juga bisa Anda temukan dengan mudah di dalam kabin hatchback kencang ini.

Dari desain eksteriornya, Anda akan dengan mudahnya bisa membedakan antara i30 regular dengan i30 N. Pada bagian depannya desainer Hyundai mendesain ulang bumper depan yang kini hadir dengan saluran udara yang lebih besar dan lampu LED Daytime Running Lights yang kini ditempatkan denga posisi horizontal. Gril nya kini berukuran sedikit lebih kecil dan sekarang hadir dengan motif wajik berwarna hitam serta huruf ‘N’ untuk menegaskan bahwa ini adalah i30 versi kencang. Sementara itu bagian belakangnya kita akan melihat bumper belakang yang didesain ulang, knalpot kembar dengan aksen krom, dan spoiler belakang.

Hyundai i30 N ini rencananya akan mulai dijual di Eropa akhir tahun ini. 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter