logo

bg-h4-whiteKolumnis

Sabtu, 13 Jan 2018 | 23:15

Ford Tambahkan Anggota Keluarga ST dengan Edge ST 2019

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Emblem ST pada produk keluaran Ford identik dengan segmen hot hatchback. Tapi sepertinya produsen mobil asal Amerika Serikat (AS) ini mencoba mengikuti jejak Audi, BMW, dan Mercedes yang mempunyai varian kencang untuk hampir semua lini produknya, termasuk crossover. Dan baru-baru ini mereka memperkenalkan anggota baru ST, yakni Ford Edge ST.

Agar terlihat lebih meyakinkan bahwa ini adalah versi kencang Edge, pihak Ford melakukan beberapa ubahan pada sektor eksterior. Pada bagian depannya desainer Ford mengganti gril radiator bermotif garis-garis horizontal dengan corak sarang tawon berwarna hitam khas mobil sport. Tak lupa pihak pabrikan menyematkan emblem ‘ST’ pada gril. Tak hanya itu saja lampu utama dan bumper depan juga turut didesain ulang sehingga Edge ST ini mempunyai tampang yang garang. Lampu belakang dan spoiler juga mendapat sedikit ubahan sehingga kita bisa membedakan mana Edge biasa dengan Edge ST dengan mudah. Bumper belakang mendapat desain baru dan knalpot kembar hadir dengan bentuk yang lebih sporty.

Mobil dengan ban berukuran 21 inci ini membawa mesin yang sama dengan Edge Sport, yakni V6 berkapasitas 2.700 cc dilengkapi dengan turbo kembar. Tapi insinyur Ford melakukan setting ulang sehingga tenaga yang diproduksi naik dari 315 hp pada Edge Sport menjadi 335 hp. Dapur pacu tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dimana pengemudi bisa mengganti mode manual dan melakukan pergantian gigi melalui paddle-shift di setir. Sayangnya pihak Ford tidak menyediakan pilihan transmisi manual sama sekali. Selain itu mobil ini hanya mempunyai satu penggerak saja, yakni All Wheel Drive (AWD).

Untuk kabinnya, perubahan yang paling kentara adalah bagian kokpit tengah yang kini sepi dari tombol-tombol pengoperasian. Tuas transmisi konvensional digantikan model kenob. Jok juga sekarang mempunyai bentuk khas mobil sport dengan bordir ‘ST’.

Ford Edge ST 2019 akan memulai debut dunia pada pameran akbar Detroit Motor Show 2018 mendatang. Pihak Ford belum mengumumkan kapan mobil ini akan dijual.  

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu
Bagjaisme
Bagjaisme
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter